Rumah Sakit Di Solo Kewalahan Tampung Penderita Covid-19

Januari 21, 2021
Kamis, 21 Januari 2021


 GUGAT News.com. SURAKARTA.
Tingginya jumlah penderita Covid di Solo membuat rumah sakit di Solo kewalahan. Beberapa rumah sakit sudah pengawasan ruang isolasi dan ICU khusus untuk Covid-19. Beberapa rumah sakit yang dihubungi tim media melalui pesan WA membenarkan hal tersebut.

Direktur RS. dr. Oen Kandang Sapi Solo, dr. William Tanoyo menjelaskan, saat ini antri 3 pasien Covid untuk masuk ruang perawatan. 

“Di RS dr Oen Kandang Sapi selama ini menyediakan 55 ruang perawatan Covid-19 dan 7 ruang ICU khusus Covid”, jelas dr. William.


Meskipun sudah penuh, rumah sakit tetap berusaha mencarikan alternatif dalam seni yang mencarikan ruang di rumah sakit yang lain. 

“Rumah sakit tidak bisa menolak pasien, sudah menjadi tugas kami untuk mencarikan solusi sebisa mungkin dicarikan kamar di rumah sakit lain se Solo raya”, tandas dr. William. 

Senada dengan dr. Oen Kandang Sapi, ruang perawatan khusus untuk Covid di RS. Kasih Ibu Solo juga sudah penuh. Humas RS Kasih Ibu Solo, dr. Divan mengungkapkan RS Kasih Ibu menyediakan 115 ruang perawatan Covid, dari total tersebut sebanyak 20 ruang adalah ruang ICU Covid-19. 


"Untuk angka pastinya saya belum cek karena data berubah terus, tetapi setiap hari pasti ada yang antri untuk pasien Covid-19. Kita tidak menolak pasien, kalau kondisi memang sudah penuh begini kami antrikan atau kami rujuk ke rumah sakit lain", terang dr . Dipan.

Tidak jauh berbeda dengan rumah sakit swasta, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi dan RSUD Bung Karno juga mulai kekurangan untuk ruang perawatan khusus Covid.  Direktur RSUD Dr. Moewardi, Dr. dr. Cahyono Hadi Sp.OG (KFER) menyampaikan dari 275 bed isolasi yang tersedia untuk hari ini masih ada 25 bed isolasi. 

“Masyarakat harus benar-benar menjaga dirinya dengan tidak menganggap enteng penerapan 3M”, tegas dr. Cahyono. 

Tidak jauh berbeda, data dari RSUD Bung Karno untuk ruang khusus Covid juga semakin menipis. Ruang perawatan bagi pasien Covid-19 di RSUD Bung Karno (BK) Surakarta, pada hari ini tinggal 2 kamar. 


Kepala Seksi Perawatan RUSD Bung Karno Suharmanto, menyampaikan ruang perawatan khusus Covid di RSUD Bung Karno totalnya mencapai 35 bed. Dengan rincian 30 ruang untuk positif Covid dan 5 ruang untuk suspect yang membutuhkan rawat inap isolasi. 

“Hingga hari ini tempat tidur kami sudah terisi  24 pasien terkonfirmasi positi Covid 19, dan  7 pasien Suspect/Probable, dan sekarang sudah ada 2 pasien dilakukan pemeriksaan di IGD rencana juga mau masuk rawat inap”, terang Suharmanto.#D3DJ4R/Yani.





°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°


Thanks for reading Rumah Sakit Di Solo Kewalahan Tampung Penderita Covid-19 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS