Festival Dalang Cilik Digelar Secara Daring

Februari 17, 2021
Rabu, 17 Februari 2021


Festival Dalang Cilik Surakarta 2021 Digelar secara Daring. Foto : Ist.


GUGAT news.com. - Dinas Kebudayaan Kota Surakarta menyelenggarakan Festival Dalang Cilik Tingkat Kota Surakarta Tahun 2021 secara daring. Acara yang digelar pada pukul 10.00 s.d 14.00 WIB, Selasa dan Rabu, 23 dan 24 Februari 2021 ini bisa disaksikan secara daring melalui link YouTube Dinas Kebudayaan Surakarta. 

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Drs. Agus Santoso MM, mengatakan, “Festival Dalang Cilik bertujuan memunculkan bakat- bakat unggul seni pedalangan dari generasi muda, sekaligus upaya pelestarian dan pengembangan seni pedalangan serta pengajaran budi pekerti melalui wayang kulit”.


Festival ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Kategori A untuk siswa SD dan Kategori B untuk siswa SMP. Dalang cilik Solo Raya yang memenuhi kriteria mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran pada https://tinyurl.com/fesdacil-2021. 

Para pendaftar juga mengirim video link YouTube pada tautan pendaftaran tersebut atau mengirim video rekaman durasi 10 - 30 menit melalui festivaldalangcilik@gmail.com yang ditutup pada Sabtu, 13 Februari 2021. 


Kurator sekaligus dewan juri memilih lima dalang cilik tiap kategori dari video pendaftaran untuk masuk ke tahap final. Pengumuman finalis dalang cilik pada Senin, 15 Februari 2021 dengan dihubungi panitia penyelenggara. Sepuluh dalang dari dua kategori tersebut menampilkan pertunjukan Wayang Kulit Purwa ( Gaya Surakarta ). 

Finalis Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 Kategori A (SD) ynag sudah dipilih oleh kurator sekaligus dewan juri yaitu:
1. Yusuf Ratda Mulya – Surakarta
2. Arka Pinandhita Arjasa Arkhab Rahadian - Surakarta
3. Alif Rizki Ramadhan - Sukoharjo
4. Gabriel Sanata Putra - Surakarta
5. Hafidz Zidan Saputra – Sukoharjo

Adapun finalis Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 Kategori B (SMP) sebagai berikut:
1. Kanastren Nareswara Darmanasti – Surakarta
2. Handika Dhimas Sri Cahyanto – Surakarta
3. Juvanda Wahyu Arifky – Surakarta
4. Abimanyu Katon Wenang – Sukoharjo
5. Fajri Nursalim – Karanganyar


             °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°


Ayo patuhi apa yang menjadi himbauan pemerintah akan Protokeler Kesehatan Covid-19.








                          ==============

Thanks for reading Festival Dalang Cilik Digelar Secara Daring | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS