PERGIZI PANGAN Dorong Masyarakat Konsumsi Makanan Sehat Pasca Lebaran

Mei 21, 2021
Jumat, 21 Mei 2021


GUGAT news.com
Bangsa Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19. Berbagai upaya pemerintah, masyarakat dan komponen bangsa telah berhasil menurunkan laju penambahan kasus baru Covid-19.

“Oleh karena itu sebaiknya kita menyikapi dengan baik dan mematuhi peraturan pemerintah untuk pencegahan Covid-19,” tutur Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN) Indonesia, *Prof. Dr. Hardinsyah MS,* di Jakarta, Kamis (20/05/2021).


Ledakan kasus baru Covid-19 di berbagai negara termasuk di India, kata Hardinsyah, harus menjadi pembelajaran penting. Fenomena ini menurutnya, harus disikapi dengan meningkatkan ketahanan tubuh dengan asupan gizi seimbang. 

“Penerapan protokol kesehatan perlu disertai dengan upaya meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dengan menerapkan prinsip gizi seimbang. Meliputi hidup aktif, bergerak dan berolahraga, menjaga berat badan normal, mengonsumsi makanan yang aman, beragam dan cukup, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Berbagai kajian, terang Hardinsyah, menunjukkan bahwa kegemukan, kelebihan konsumsi gula, garam (natrium) dan lemak, stres kronik dan kurang tidur meningkatkan risiko gangguan imunitas (kekebalan tubuh) dan gangguan kesehatan. 

“Masyarakat diharapkan membatasi asupan gula, garam dan lemak. Membatasi makanan dan minuman yang manis, asin dan berminyak,” ujarnya.


Puasa Ramadan lalu menurutnya, mendatangkan banyak kebaikan dalam pengendalian lemak, sistim hormon dan metabolik tubuh, serta latihan kedisiplinan dan kejujuran. 

Kebaikan yang telah diraih ini sebaiknya dijaga dengan cara menghindari makan berlebihan. Setelah lebaran melaksanakan anjuran puasa Syawal.

“Atau puasa berselang (intermittent fasting), seperti puasa Senin dan Kamis, atau puasa lainnya yang dianjurkan bagi yang berkenan dan sesuai kemampuan,” ujar Hardinsyah menganjurkan.


Anjuran ini, kata Hardinsyah, sebelumnya juga telah disampaikan melalui forum virtual Webinar Series 44, yang diselenggarakan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Rabu 12 Mei 2021 lalu.

PERGIZI PANGAN Indonesia, adalah suatu perkumpulan para pakar di bidang gizi dan pangan Indonesia, yang didirikan pada 19 Agustus 1973. Organisasi profesi ini memiliki cabang di semua daerah di Indonesia. Selengkapnya mengenai PERGIZI PANGAN Indonesia ini, masyarakat dapat mengunjungi web dpp.pergizi.org email dpp.pergizi@gmail.com  /*** Eddie Karsito.


                °°°°°°✓ 081325995968 °°°°°°



Thanks for reading PERGIZI PANGAN Dorong Masyarakat Konsumsi Makanan Sehat Pasca Lebaran | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS