Agus Purwanto SE : Atasi Sampah Dengan Sampah

Oktober 14, 2021
Kamis, 14 Oktober 2021

Kepala Desa Makamhaji Agus Purwanto,SE menjadi nara sumber budi daya maggot untuk Darma Wanita Kab. Sukoharjo.

GUGAT news.com. SUKOHARJO.

Permasalahan sampah, bagi desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, sepertinya memang tidak bisa lepas dengan Kepala Desa Makamhaji, Agus Purwanto, SE  dimana sejak sampah sebelum dikelola BUMDES Makamhaji, hal yang biasa kalau Lurah Purwanto senantiasa ada di TPS. Karena beliau kudu meneruskan keluhan masyarakat tentang sampah.  

Kepala Desa Makamhaji Menjadi nara sumber di DLH Kab.Sukoharjo

Sehingga melalui proses yang panjang Kedekatan Kepala Desa Makamhaji dengan sampah, akhirnya banyak memberikan inovasi kepada warga masyarakat, khususnya melalui TP-PKK Desa Makamhaji dengan dibentuknya 14 Bank Sampah yang langsung dikelola ibu-ibu PKK, serta mulai dari dibelinya sampah organik yang ada di Masyarakat untuk keperluan pakan maggot atau belatung.

Kunjungan warga Tirisan dan ketua RTnya di lokasi budi daya maggot BUMDES Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Budi daya maggot yang digeluti Kepala Desa Makamhaji bersama BUMDES Karya Makmur ternyata membawa dampak yang luar biasa terhadap sampah di masyarakat, khususnya sampah organik ( sampah dapur rumah tangga ) sampah yang selalu dibutuhkan maggot sehingga bisa dipastikan lagi, hampir setiap hari dan setiap saat harus ada Makanku untuk maggot.

Usai pelatihan foto bersama team BUMDES Karya Makmur , Kepala Desa Makamhaji Agus Purwanto,SE dan ketua Darma Wanita ibu Loeh Dyah Sintowati Winarno Agus Santosa

Disamping sampah- sampah organik akan berkurang, tidak kalah pentingnya maggot akan menghasilkan uang karena untuk keperluan makanan ternak. Dengan demikian maggot yang butuh makanan sampah organik sangat membantu mengurangi tumpukan sampah di TPS. Pastinya, secara otomatis berpengaruh juga berkurangnya tumpukan yang menggunungnya sampah di TPA.

Berita keberhasilan ini, membawa kabar baik karena Kabupaten Sukoharjo dan Dinas Lingkungan Kabupaten Sukoharjo mulai memberi support dalam tujuannya berjuang bersama mengatasi sampah di Sukoharjo. Sehingga sampai sekarang ini Kepala Desa Makamhaji dan teamnya BUMDES Karya Makmur tetap dibutuhkan masyarakat Sukoharjo untuk memberikan pembinaan dan pendampingan sekaligus menjadi nara sumber saat pelatihan. 

Seperti saat itu, Senin 27 September 2021 menjadi nara sumber di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Kamis 30 September 2021 menjadi nara sumber di Dinas Lingkungan Hidup di Gedung Dharma Bakti Wijaya Kabupaten Sukoharjo, dilanjutkan pada  Senin 11 Oktober 2021 menjadi nara sumber untuk Darma Wanita di Gedung Dharma Wijaya Kabupaten Sukoharjo.

Sehingga beberap kunjungan di tempat budi daya Maggot seperti dari Ketua RT dan warga Tirisan, juga dari DLH Prabumulih Sumatra Selatan serta warga masyarakat yang ingin belajar budi daya maggot.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Bupati Sukoharjo Hj. Etik Suryani, SE, MM Dengan pembinaan dan pelatihan budi daya maggot harapannya di tiap Kalurahan wilayah Sukoharjo muncul tempat budi daya maggot. maka sampah-sampah di wilayah setempat segera teratasi khususnya membantu mengurangi sampah di TPA Mojorejo.

Giat kampanye Agus Purwanto, SE Kepala Desa Makamhaji untuk selalu mengajak masyarakat mengumpulkan sampah organik disamping memberikan edukasi, juga menyadarkan masyarakat agar memilah –milah sampah organik dan an organik bisa menjadi budaya positif. 

Sah dan wajar saja,  jika harapan Kepala Desa Makamhaji, khususnya wilayah Desa Makamhaji sendiri semoga benar- benar bebas sampah serta dengan sampah bisa menambah kesejahteraan bersama. #Naskah dan foto : Taufik.

                     °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°






Thanks for reading Agus Purwanto SE : Atasi Sampah Dengan Sampah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS