Dr Reisha Broto Asmoro Kunjungi Vaksinasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Oktober 24, 2021
Minggu, 24 Oktober 2021


 Juru bicara pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku, dr Raisa Broto Asmoro ditemui Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipo Kusuma.

GUGAT news.com. SOLO.

Pagi itu, Sabtu (23/10/2021) sekitar pukul 09.00 WIB, suasana Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sudah meriah, semarak, semakin bertambah ramai. Apalagi di Bangsal Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, ribuan orang memadati pagelaran yang bersebelahan dengan Pasar Klewer itu. Namun demikian, suasana Prokes Covid-19 senantiasa tetap terjaga. Unsur 3 M terpenuhi. Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer yang disediakan oleh panitia dan Menjaga jarak satu dengan lainnya. Physical distancing serta sosial distancing senantiasa terjaga.

Dokter cantik Raisa Broto Asmoro sebelum sambangi Vaksinasi Massal Keraton, antusias mendengarkan cerita seputar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pastinya, suasana saat itu Prokes Covid-19, banget. Artinya, semua anjuran tentang pencegahan Covid-19 tertaati semuanya. Apalagi saat itu ada kunjungan resmi dari Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku, dr Raisa Broto Asmoro, ke Bangsal Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sudah kali keduanya menggelar Vaksin untuk dilakukan terhadap ribuan orang. Memang, semula hanya diperuntukkan bagi mereka yang menjadi abdi dalem, kerabat keraton serta Sentana Ndalem saja, lantaran banyak yang meminta ya akhirnya dibebaskan secara umum. Siapapun boleh mengikuti Vaksinasi Massal Keraton, selama bisa menunjukkan KTP asli sekaligus foto kopinya. Hal inipun juga sudah mendapatkan restu dari Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma, selaku Koordinator Pelaksanaan Sentra Vaksinasi Massal Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Dikonfirmasi kunjungannya ke keraton, dokter cantik selaku juru bicara pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku, dr Raisa Broto Asmoro langsung menjawab "Untuk menghadiri sekaligus melihat secara langsung vaksinasi massal yang digelar oleh keraton dan sekaligus ingin menghaturkan banyak rasa terimakasih kepada beliau Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sudah berkenan memfasilitasi kegiatan pemerintahan. Secara pribadi, saya mendukung sekali dan berharap kegiatan ini menjadi inspirasi tersendiri sehingga turut mencontoh kegiatan yang dilakukan oleh beliau Sinuhun PB XIII," tuturnya.

Ditambahkan dr Raisa, kegiatan yang digelar oleh keraton ini perlu diapresiasi dan diikuti oleh berbagai pihak yang bisa menyelenggarakannya. Mengapa demikian? Vaksinasi Massal Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, sesuai dengan apa yang menjadikan himbauan pemerintah. Tidak kurang dari 15.000 orang yang divaksin, namun bukan hanya sekali saja, melainkan sudah kali keduanya digelar vaksin massal dan gratis. Yang dilakukan Keraton Solo ini pastinya perlu didukung semua pihak. Mengikuti anjuran pemerintah agar bisa segera keluar dari Pandemi Covid-19.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang selalu peduli terhadap rakyat.

Kembali ditegaskan juru bicara pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku ini, meskipun sekarang ini kondisi Pandemi Covid-19 sudah mulai landai, namun kita tetap jangan abaikan Prokes Covid-19. Pemerintah membuat aturan, ya kudu tetap ditaatinya. Apalagi bulan yang akan datang ini, pastinya tidak akan bisa dipungkiri akan terjadi adanya kerumunan disana sini. Hari Natal dan Tahun Baru. Sehingga mulai 24 Oktober ini, setidaknya mereka sudah menjalani VCR. Apalagi mereka yang keluar dari bandara, harus menjalani karantina selama 5 hari.

Untuk anak berusia 12 tahun ke bawah, lanjut dr Raisa, harus bersabar dulu meskipun di beberapa negara sudah ada vaksin untuk anak seusia 12 tahun ke bawah. Hanya di Indonesia yang belum diperkenankan oleh WHO. Masalahnya, belum adanya subyek penelitian yang memadai. Semoga secepatnya ada. Utamanya Prokes Covid-19 harus selalu diterapkan. Bukan hanya orang-orang tua saja melainkan anak juga harus mengikuti Prokes Covid-19. Jangan orangtuanya bermasker, anak-anak nya dibiarkan tidak bermasker. Juga 3 M harus dipatuhi oleh siapapun.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Sementara itu, RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma selaku Koordinator Pelaksanaan Sentra Vaksinasi Massal Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mengaku sangat senang sekali dengan kiprahnya keraton yang setidaknya bisa turut apa yang menjadikan keinginan pemerintah, turut mempercepat dengan kondisi pemulihan ekonomi yang kini tengah carut marut. Sehingga dengan digelarnya vaksinasi massal dan gratis, setidaknya keraton turut membantu pemerintah agar ekonomi di tanah air ini segera kembali normal. 

"Alhamdulillah... vaksinasi massal yang digelar oleh keraton ini, sudah melakukan Vaksin tidak kurang dari 120 ribu orang. Untuk vaksin kali pertama tercatat 60 ribu orang di wilayah Solo, Sukoharjo dan Karanganyar, serta Pacitan dan Ponorogo. Nantinya, keraton juga akan menyisir lebih luas lagi. Baik wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bukan hanya untuk mereka yang abdi dalem, sentana ndalem, sekaligus kerabat keraton, melainkan siapa saja tanpa terkecuali. Selama bisa menunjukkan KTP asli dan fotokopi nya saja. Kemarin juga ada mahasiswa Papua yang tinggal di Solo, ya kita vaksin karena ada KTP asli dan fotokopi," jelas RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma.

Baik di Ponorogo dan Pacitan, lanjut Nden Ayu Febri, sapaan akrab RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma, gelaran vaksinasi massal nya juga sama dengan yang di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Artinya, juga ada tenaga kesehatan, ulamanya, prajurit keraton serta uba rampe sesajian. Sebelum vaksinasi massal digelar, terlebih dahulu kita melakukan wilujengan dengan doa bersama di Pendapa Kabupaten yang juga diikuti Bupati atau Wakil Bupati serta Muspida setempat. Bukan hanya Kulo nuwun, permisi mohon ijin dan restu dari penguasa wilayah saja, melainkan bermunajat mohon Rahmad dan Ridhlo kepada Gusti Kang Murbeng Dumadi Akaryo Jagad, Allah SWT semoga senantiasa lancar dan dimudahkan segala urusannya. #Yani.

                    °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°










Thanks for reading Dr Reisha Broto Asmoro Kunjungi Vaksinasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS