Gedung Obat Keraton Kartasura Kini Jadi Kuburan

Mei 17, 2022
Selasa, 17 Mei 2022


 Gedung obat Keraton Kartasura Hadiningrat yang kini jadi Pemakaman.

GUGAT news.com. SUKOHARJO.

Tidak jauh dari lokasi tempat pembuldoseran Tembok Beteng Baluwarti Keraton Kartasura Hadiningrat, atau lebih tepatnya di sebelah utaranya adalah lokasi yang dahulunya merupakan Gedung obat, bukan berarti gedung obat obatan untuk penyembuhan dari berbagai jenis penyakit, melainkan obat mesiu, semacam bahan peledak. Bahan peledak untuk pembuatan dinamit atau bom guna peperangan.

Adalah Keraton Kartasura Hadiningrat yang dibangun oleh beliau Amangkurat II pada 1680-1743 seusainya Gegeran pemberontakan Trunojoyo di Keraton Pleret, Bantul, Yogyakarta. Mengungsilah beliau Amangkurat II ke arah timur, hingga tibalah di Desa Wanamarta yang akhirnya dikenal sebagai Keraton Kartasura setelah dibangun oleh beliau Amangkurat II. Tak lama kemudian, selesai membangun Keraton berikut Beteng Cempuri dan Baluwarti. Saat itu pula dibangun gedung gedung pendukung keraton.

Tangga naik menuju ke pemakaman Gedong Obat Keraton Kartasura

Salah satunya diantara adalah Gedung Obat yang ada di sebelah Barat Laut Beteng Cempuri Keraton Kartasura Hadiningrat. Hanya saja, cukup disayangkan sampai saat ini tidak ada satupun bukti peninggalan bilamana saat itu merupakan bentuk bangunan sebagai Gedong Obat mesiu, bahan peledak. Malahan adanya puluhan kuburan tertata rapi pada lahan yang tidak begitu luas tersebut. 

Dari beberapa penuturan warga setempat, tidak ada yang bisa memberikan keterangan secara resmi kapan dimulainya bekas Gedong Obat mesiu tersebut kegunaannya diperuntukkan sebagai lahan pemakaman umum. Akan halnya sebagian lahan Keraton Kartasura Hadiningrat, juga dipakai sebagai lokasi pemakaman. Belakangan sudah ditutup untuk pemakaman umum.

      Makanku praktis dan tidak ribet

Demikian pula dengan keberadaan Gunung Kunci yang dahulunya diperuntukkan sebagai sarana wisata air oleh keluarga raja Keraton Kartasura Hadiningrat. Gunung Kunci dibuat lantaran adanya bekas galian lahan yang ada di sebelah timur Gunung Kunci, yang dahulunya merupakan danau buatan keraton. "Sayangnya, peninggalan bersejarah itu kini sudah tidak seperti dulu lagi. Jadi lahan kuburan. Baik keraton, Gunung Kunci juga Gedung Obat," terang Farid, warga setempat. # Yan 1.











Thanks for reading Gedung Obat Keraton Kartasura Kini Jadi Kuburan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS