Gemi Nastiti Makamhaji Perdayakan Bank Sampah

Mei 30, 2022
Senin, 30 Mei 2022


 Dari hasil karya pelatihan sebuah
Handycraft berbahan sampah.

GUGAT news.com SUKOHAR

Saat itu, Sabtu 28 Mei 2022 pukul 08.00 WIB salah satu Bank sampah yang ada di desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, adalah Bank Sampah Gemi Nastiti milik warga Gobayan RT 01 RW XI Makamhaji pada hari itu menerima tamu untuk kerjasama dari Tim Riset Grop Ekonomi dan Pembangunan Pedesaan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. 


Penyerahan bantuan dari ibu Wiwit Rahayu Ketua pelaksana tim Riset diterima ibu Marsidah penasehat Bank Sampah Gemi Nastiti.

Menurut informasi yang diterima GUGAT news. com dengan kedatangan Tim Riset yang berjumlah 5 personil ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk semacam bukti adanya pemberdayaan Bank Sampah Gemi Nastiti agar bisa ikut memberikan kesejahteraan dan 
Kualitas untuk lingkungannya. 


Foto bersama Pengurus Bank Sampah Gemi Nastiti ( pink) , Tim Riset ( coklat) dan tiga nara sumber

Yaitu khususnya desa Makamhaji.
Ketua Pelaksana kegiatan dari Tim Riset Wiwit Rahayu, S.P.M.P mengatakan, kegiatan pengabdian untuk masyarakat adalah bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

 "Alhamdulillah kebetulan tahun ini mitra kami dengan Bank Sampah Gemi Nastiti. Mengenai tujuan dari Tim Riset, ikut membantu kinerja Bank Sampah Gemi Nastiti agar bisa lebih baik
dalam management, lebih aktif dan semakin produktif, khususnya dalam mengelola sampah melalui Reduce, Reuse dan Recycle sampah."


Pada pelaksanaan pengabdian ini kegiatan berupa pelatihan Management Bank Sampah yang disampaikan Suryono Arif Wijaya, M.T Ketua Bank Sampah Induk Kecamatan Kartasura,
pelatihan Handicraft berbahan sampah yang pematerinya dari Rumah Edukatif Karebet Nurul Rohmadi dan Mulyani.

Sekaligus pemberian bantuan sarana prasarana bank sampah berupa timbangan digital, ember plastik bertutup ada 50 buah, Kalkulator dan peralatan handicraft. Kegiatan yang dihadiri 40 orang ini diantaranya semua pengurus dan nasabah Bank Sampah 
Gemi Nastiti termasuk Eni Retnowati Ketua Tim Penggerak PKK RT 01 RW XI Gobayan, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. 


Bertindak untuk mewakili TP-PKK Desa Makamhai, Direktur Bank Sampah,  Hermin Nastuti, Warismi serta Ketua Tim Riset Dr.Agr.Sc. Ernoiz  Antriyandarti, S.P,M.P, M.Ec.

Kegiatan yang berakhir pukul 11.30 WIB semua berjalan lancar  sehingga dalam akhir kegiatan Eni Retnowati Ketua TP-PKK Rt 01 Rw XI sekaligus mewakili TP-PKK Desa Makamhaji menyampaikan ucapan terima kasih dan senang sekali Bank Sampah Gemi Nastiti telah dipilih menjadi mitra dari kegiatan pengabdian. 

Sebagai harapannya, kegiatan ini bisa 
berlanjut karena sangat bermanfaat bagi pengembangan bank sampah Gemi Nastiti serta manfaat hasil dari kegiatan ini. Mudah-mudahan membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya desa Makamhaji, umumnya Kartasura, Sukoharjo. # Naskah dan foto : Taufik (Yan 1)


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19














Thanks for reading Gemi Nastiti Makamhaji Perdayakan Bank Sampah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS