Dr. Anggoro Panji Nugroho MM : Perguruan Tinggi Swasta Kini Masuki Fase Sulit Pasca Pandemi

September 07, 2022
Rabu, 07 September 2022


 GUGAT news.com

Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila, Dr. Anggoro Panji Nugroho, M.M, menyorot kondisi Perguruan Tinggi Swasta yang saat ini memasuki fase tersulit pasca pandemi. 

Ketua Yayasan yang juga pengamat pendidikan dari Universitas Dharma AUB Surakarta ini menegaskan, kesulitan yang di alami perguruan tinggi swasta semakin berat dengan adanya kebijakan jadwal waktu pendaftaran mandiri yang sangat panjang, mepet dengan penutupan penerimaan mahasiswa baru. 

Tempat di gedung universitas Dharma Pancasila Selasa kliwon tgl 06 September 2022 jam 15.00wib

Sehingga sesama lembaga perguruan tinggi swasta harus bersaing ketat pada proses penerimaan mahasiswa baru. Dampak dari  kebijakan pendaftaran mandiri yang berkepanjangan juga akan menimbulkan multi efek . 

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

' Kuota pendaftaran yang seharusnya menjadi milik PTS, akan ke sedot ke PTN karena panjangnya gelombang pendaftaran Mandiri di PTN. Resiko terjadinya dugaan suap juga akan semakin besar, terbukti salah satu rektor perguruan tinggi di Lampung terjaring OTT KPK, lantaran patut di duga tersandung kasus suap dalam proses penerimaan mahasiswa baru ' Jelasnya

Kejadian itu tentunya sangat memprihatinkan kita semua. Apalagi terjadi pada masa pendaftaran mahasiswa baru. Kampus swasta dan negeri memiliki peran sama seperti yang di amanatkan oleh Undang Undang dalam rangka turut serta  mencerdaskan bangsa. 

Oleh karena itu keberadaan kampus perguruan tinggi swasta harus di lindungi, sebab pada hakikatnya kampus PTN dan PTS memiliki ruh yang sama. 

Oleh sebab itu Pemerintah melalui Kementerian terkait harus tetap menjaga keberadaan PTS melalui kebijakan yang sama sama dapat menyuburkan lembaga perguruan tinggi. 

Bagaimanapun keberlangsungan perguruan tinggi swasta tak lepas dari biaya operasional yang harus di tanggung sendiri oleh yayasan. Selain mengandalkan bantuan pemerintah, yayasan juga harus  mencari dana operasinal sendiri, sebab nilai bantuan dari pemerintah bagi Anggoro belum cukup untuk biaya operasional kampus. 

Oleh sebab itu Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila berharap, Pemerintah mengkaji kembali sistem pendaftaran mandiri, agar perguruan tinggi swasta  dapat menampung para calon mahasiswa baru yang tak lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 









Thanks for reading Dr. Anggoro Panji Nugroho MM : Perguruan Tinggi Swasta Kini Masuki Fase Sulit Pasca Pandemi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS