Es Buto Ijo Masih Bisa Dijumpai Di Solo

Desember 12, 2022
Senin, 12 Desember 2022


Salah satu pembeli tengah menikmati nikmatnya Es Buto Ijo 

GUGAT news.com SOLO 

Sebenarnya nama Es Buto Ijo mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Soloraya, hanya saja saat  ini mulai jarang diketemukan dan barangkali untuk terakhir ini ketemu gerai Es Buto Ijo di sebelah Timur Kampus Phignatelli Karangasem, Laweyan, Solo.  


GUGAT news com pun turut menikmati segarnya es Buto Ijo yang memang nikmat.

Penjual yang mengaku namanya  sebagai Endah itu, mengatakan " Jika hampir sejak Covid 19, semua gerai Es Buto Ijo banyak yang tutup, bangkrut. Untungnya kalau saya selama ini masih tetap bertahan bahkan sudah 9 tahun," tutur Endah, optimis jualan esnya tetap laku laris manis.
 
Cukup disayangkan sekali kalau tidak dilanjutkan, kembali Endah menambahkan, karena ini usaha franchise yang harus dipertahankan justru kalau bisa kembali dikembangkan seperti sebelum Pandemi Covid 19.


Tentang nama Buto Ijo, memang identik dengan ujaran cerita misteri akan nama pesugihan, penglarisan, pencarian rejeki dengan bekerja sama bersama mahkluk Jin, yaitu Buto Ijo. Sehingga pada umumnya, masyarakat yang kenal dunia tahayul, pesugihan, faham akan sebutan nama Buto Ijo sekalipun belum pernah melihat sosoknya.


Namun dari  Endah yang menceritakan  nama Buto Ijo, hal itu sebenarnya diambil filosofinya dari cerita  atau dongeng belaka yang mana Buto Ijo merupakan sosok makhluk raksasa yang mudah kehausan, makanya dalam cerita Buto Ijo selalu bawa ketimun untuk mengobati rasa segarnya itu. 

Filosofi inilah sehingga nama Buto Ijo dipakai untuk nama sebagai produk Esnya. Untuk Gerai Es Buto Ijo milik Endah, ternyata lumayan cukup laris manis karena hilir mudik orang yang membeliya.


Hanya dengan harga Rp. 7000,- isi mangkuknya sudah seukuran jumbo yang pastinya sangat membuat segar kerongkongan saat suasana panas seperti siang ini.

Dan  tentang isi dari es berjuluk Es Buto Ijo milik Endah ini ada buah melon, agar-agar puding, biji selasih dan jenang mutiara. Pastinya ada sedikit pemanis dari gula.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Ingin kenal Es Buto Ijo atau kangen lagi Es Buto Ijo, silahkan bisa mampir pada gerai Es Buto Ijo milik Endah yang ada di sekitar lingkungan kampus Pignatelli Jalan Duwet I Karangasem , Laweyan, Solo. # Taufik/Yani


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 












Thanks for reading Es Buto Ijo Masih Bisa Dijumpai Di Solo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS