Gusti Puger Menangis Mendengar Keraton Gegeran Lagi

Desember 24, 2022
Sabtu, 24 Desember 2022


 Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

GUGAT news.com SOLO

Ditemui di sela-sela persiapan ulang tahunnya yang ke 67 tahun yang menurut rencana akan diselenggarakan di Kali Pepe Land, Destinasi Wisata di Desa Banaran, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH)Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang bertahta sekarang ini, mengaku sedih sekali dan prihatin dengan insiden di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Sudah puluhan tahun, ditambahkan Gusti Puger, kondisi Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang hampir bersamaan dengan surut Ndalem atau wafatnya PB XII pada 2004, belum ada titik temu untuk rukun kembali seperti sebelum wafatnya Sinuhun PB XII, senantiasa harmonis. Belum rampung yang satu muncul masalah lainnya silih berganti susul menyusul. 

"Dalam sepekan belakangan ini, terjadi tindakan pencurian masuk Beteng Cempuri Keraton. Dari kamar Ndalem Keputren GKR Alit yang tak lama kemudian pencuri menyatroni kamar Gusti Devi, salah satu Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XIII. Yang hilang apa, kami tidak tahu. Karena saya semenjak keluar keraton 5 tahun lalu, sudah tidak pernah masuk.keraton. Saya sedih,"suara KGPH lirih menahan rasa haru.

Nantinya, lanjut Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bertindak tegas bukan keras, sesuai dengan pakem dan paugeran adat istiadat budaya Jawa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. "Insyaallah... setelah rampung ambal warsa, ulang tahun saya ke 67 ini, akan kami kondisikan untuk kembalinya keraton seperti dulu. Kuncoro dan gemah ripah loh jinawi tata titi tentrem kerta raharja ijo royo-royo subur makmur," tegasnya. #Red 1

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 










Thanks for reading Gusti Puger Menangis Mendengar Keraton Gegeran Lagi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS