91 Tahun PAKASA Gelar Puluhan Seni Budaya Dan UMKM

Desember 18, 2022
Minggu, 18 Desember 2022

 91 Tahun PAKASA di peringati di Bangsal Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com SOLO

Malam itu, Minggu (18/12) sekitar pukul 22.00 WIB di sela-sela pementasan pagelaran wayang kulit yang ditampilkan dari perwakilan Paguyuban Kawula Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (PAKASA) Pacitan, Jawa Timur, salah satu panitia penyelenggara 91 Tahun PAKASA, Kanjeng Pangeran (KP) Dr Eddhi Wirabhumi SH MH mengungkapkan, bilamana acara yang digelar dari 17/12 hingga 25/12 di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini merupakan tindak lanjut dari acara PAKASA tahun tahun sebelumnya.


"Yang pasti, 91 Tahun PAKASA kali ini meneruskan ritual tahun tahun sebelumnya dalam Mangayubagyo apa yang pernah diajarkan Sinuhun Paku Buwono X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dan insyaallah kegiatan yang kami gelar untuk menguri uri sekaligus melestarikan budaya Jawa yang begitu adiluhung serta menjadikan filter tersendiri bagi maraknya budaya asing ke negeri tercinta ini. Bukan hanya puluhan Senin budaya kami tampilkan melainkan UMKM dari perwakilan PAKASA berada kami tampilkan pula," jelas KP Eddhi Wirabhumi SH MH.

Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat GKR Wandansari Koes Moertiyah, Ketua Penyelenggara 91 Tahun PAKASA menyerahkan wayang kepada dalang perwakilan PAKASA Pacitan.

Ditambahkan Kanjeng Edhie, sapaan akrab KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH,  Selain puluhan gelaran seni budaya dari segala perwakilan PAKASA baik yang datang dari Soloraya sendiri juga Jawa Tengah dan Jawa Timur ditampilkan, juga bersamaan pula dengan UMKM nya. Baik kuliner menu khas tradisional dari perwakilan PAKASA berada juga digelar kerajinan, handicraft, fashion serta busana. Bahkan perkakas peralatan rumah tangga.

 "Alhamdulillah...91 tahun PAKASA kali ini benar benar komplit. Ya budaya juga kerajinan sekaligus UMKM digelar selama sepekan di Bangsal Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Insyaallah... tahun depan akan lebih meriah lagi dengan kehadiran PAKASA dari perwakilan DKI Jakarta serta Sumatera. Kami sudah koordinasi dengan Jakarta dan Sumatera. Setiap tahunnya PAKASA akan kami gelar secara meriah dengan unggulan seni budaya dari berbagai daerah,"janji Kanjeng Edhie Wirabhumi.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Masih menurut penuturan Kanjeng Edhie, selain gelaran budaya, kerajinan dan UMKM dari berbagai daerah perwakilan PAKASA, nanti pada puncak acaranya akan digelar kirab budaya dari berbagai perwakilan PAKASA. Baik dari Soloraya, Jawa Tengah juga Jawa Timur dengan busana beraneka ragam adat budaya Jawa. Tidak kurang dari 1500 personil PAKASA yang akan melakukan gelaran kirab budaya dari Pura Mangkunegaran sampai Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 

 "Alhamdulillah... untuk kali ini 91 tahun PAKASA diselenggarakan atas kerjasama dengan berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah. Bahkan bukan hanya bekerjasama saja dengan Kementerian Parekraf, kami juga menggandeng BTPN serta Kementerian Pertahanan juga Gubernur Ganjar Pranowo. Nantinya selain kirab budaya juga akan digelar seminar kebudayaan dari berbagai sudut pandang. Pertahanan, BTPN pastinya Parekraf," pungkas KP Dr Edhie Wirabhumi SH MH. #Yani.












Thanks for reading 91 Tahun PAKASA Gelar Puluhan Seni Budaya Dan UMKM | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS