R Surojo: Apresiasi Tersendiri Terhadap Polisi Saat Tangani Pencurian Di Keraton Kasunanan

Desember 20, 2022
Selasa, 20 Desember 2022


     Raden Surojo, penggiat budaya Solo

GUGAT news.com SOLO 

Insiden masuknya pencuri ke dalam tembok benteng cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat belum lama ini, sebenarnya kalau berkenan diambil ibroh, pelajaran dan hikmah nya, cukup bagus sekali. 

Kori Brojonolo Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 

Demikian diungkapkan Raden Surojo selaku penggiat budaya di Kota Solo yang sekaligus menambahkan, kejadian itu semua merupakan semacam pepeling, peringatan tersendiri dari Gusti Kang Murbeng Dumadi Akaryo Jagad, Allah SWT terhadap keluarga besar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Bisa jadi, merupakan awal mula kejadian yang baik. Artinya, kelak insiden tersebut akan membawa dampak positif. Rujuk sekaligus terwujudnya kerukunan diantara Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII sekaligus kerabat ndalem.

"Bagaimana tidak, semula dari keberadaan jineman, penderek atau pengikut Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan pengikut adik kandung PB XIII, selaku Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, GKR Wandansari Koes Moertiyah yang tidak pernah rukun, mendadak jadi familiar, rukun, bersahabat,"ujar Raden Surojo.

Tampak kedua pengikut kubu dari Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang semula tidak pernah akur, begitu ada insiden maling masuk keraton keduanya langsung rukun dengan kepentingan yang sama. Menangkap pencuri yang masuk ke Keraton.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

"Menariknya lagi, bukan dari pihak keraton saja yang tampak mulai rukun dan familiar melainkan juga dari pihak aparat kepolisian. Benar benar kinerja polisi yang profesional dan tidak memihak apalagi memiliki kepentingan tersendiri. Salut dengan sikap dan sigapnya Polsek Pasar Kliwon dan pastinya Polresta Surakarta, profesional dan bagus sekali dalam tindakan adanya maling masuk keraton," pungkas Kanjeng Raden Surojo. # Yani 

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 









Thanks for reading R Surojo: Apresiasi Tersendiri Terhadap Polisi Saat Tangani Pencurian Di Keraton Kasunanan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS