Program Berisik Makamhaji Usahakan Aman Desanya Dari Demam Berdarah

Desember 19, 2022
Senin, 19 Desember 2022


 Pemeriksaan bak mandi ada  tidaknya jentik

GUGAT news.com SUKOHARJO 

 Perubahan musim dari kemarau ke penghujan menjadi titik rawan ledakan kasus demam berdarah, apalagi didukung oleh keberadaan saluran air hujan yang dapat menampung genangan air. 


Ketua TP Desa Makamhaji Silvy Nuriya Maharani, Amd dan Ketua Berisik Hj. Sri Hartini Mudzakir membuka kegiatan Berisik

Keberadaan saluran air hujan dengan keberadaan vektor DBD sangat mempengaruhi. Kasus demam berdarah terjadi karena perilaku hidup masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. 

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian dan dapat terjadi karena lingkungan yang kurang bersih. 


Pengurus RT dan RW 20 Foto bersama team PSN Desa Makamhaji sebelum memulai kegiatannya.

Terkait itu agenda kegiatan Desa Siaga Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupataen Sukoharjo yang dnnamakan Berisik ( Berantas Jentik sampai Resik ) rupanya sudah diagendakan tiap bulan . 


Tujuan kegiatan ini untuk memberantas nyamuk seakar-akarnya  agar jentik-jentik  tidak sempat jadi nyamuk . Edukasi yang diberikan masyarakat dengan cara membersihkan kamar mandi ( menguras ) , got ( selokan ) atau tempat yang menjadikan adanya penampungan air  seperti pot, kaleng-kaleng bekas. 


Kegiatan yang berupa PSN ( Pemberantas sarang nyamuk ) tingkat Desa ini akan melibatkan juga PSN dari RW dengan sasaran lingkungan tiap POSYANDU yang nantinya dilakukan secara bergilir. 

Minggu 18 Desember 2022 bertempat di Posyandu Menur 9 Sanggrahan, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo RW 20 menjadi tempat kegiatan Berisik. 


Kegiatan yang diketuai  Hj. Sri Hartini Mudzakir ini melibatkan 5 Rt mencakup RW 20 dan RW 21 dimulai pukul 06.00 pagi dengan dihadiri Ketua RT setempat , pengurus RW 20 serta dibuka oleh Ketua TP-Desa Makamhaji Silyi Nuriya Maharani,Amd. 

Pada saat melaksanakan Berisik  yang berakhir pukul  08.00 WIB ini menurut Ibu Supaya Ketua RW 21 masih ada beberapa di lingkungan rumah warga yang ditemukan adanya jentik nyamuk yang  berada tempat yang tidak kita duga seperti tanah kosong atau kebun kosong karena ditempat itu ditemukan barang bekas yang digenangi air.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

 Mewakili team Berisik Ny Supaya ( Ketua RW 21 ), Ny Wuryani Widodo ( Pengurus Menur 9 ) dan Bidan Novita sangat berharap kegiatan ini menjadi edukasi sekaligus pembelajaran masyarakat khususnya Desa Makamhaji untuk turut mencegah terjadinya penyebaran kasus DBD.#Taufik/Yani


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 














Thanks for reading Program Berisik Makamhaji Usahakan Aman Desanya Dari Demam Berdarah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS