SDI PK Muhammadiyah Delanggu Pamer Batik Jumputan Di Gelar Karya

Desember 14, 2022
Rabu, 14 Desember 2022


Suasana Gelar Karya Kelas 1 dan 4 di SDI PK Muhammadiyah Delanggu.

GUGAT news.com KLATEN 

 Suasana SDI PK Muhammadiyah Delanggu yang berlokasi di jalan Raya Delanggu Utara, Ciran, Gatak, Delanggu, Klaten, hari Sabtu 10 Desember 2022 memang berbeda dari biasanya, pasalnya ada kegiatan berkumpulnya anak-anak, Guru serta Wali murid dalam kegiatannya berupa Gelar Karya kelas 1 dan 4. 


Salah satu proses pembuatan Batik Jumputan yang dilakukan ana kelas 4

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WIB dihadiri Kepala Sekolah Matsuroh, SE, SPd,  Disdasmen PCM Delanggu, Dinas Klaten, Korwil Delanggu, Dabin Dukuh dan para Fasilisator. 

Tentunya tidak ketinggalan ada berbagai Hiburan  dari penampilan siswa SDI PK Muhammadiyah Delanggu  seperti Vocal Grop, Gerak dan Lagu, Story Telling , Teacher, Polisi Cilik serta diadakanya Market Day.


stand Batik Jumputan ramai dikunjungi pembeli

Rupanya dalam kegiatan Market Day ini stand Batik Jumputan menjadi daya tarik tersendiri, khususnya dari para pengujung bahkah hasil karya  anak-anak kelas 4 berupa kaos jumputan berbahan Katun   yang dijual  harga Rp.50.000 ini cukup menarik.


Pengampu kegiatan Batik Jumputan kelas 4 Pak Rohim, Bu Rina dan Pak Desta

Dari informasi Akir Nuryono sebagai  Fasilisator, membuat Batik Jumputan saat ini sepertinya habis sama sekali. Sudah jarang yang memproduksi.

Ditemui Wali Kelas 4 Adesta Panam mengatakan, "Untuk kegiatan Gelar Karya ini sebagai puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5). Alhamdulillah respon para Wali murid sangat bagus, selain itu anak-anak merasa senang, semangat sekali sekaligus bisa semakin mandiri, kreatif."ujarnya.


 Tentang Batik Jumputan, karena menjadi trend di masyarakat  menjadi pilihan kegiatan kelas 4 maka diangkatlah tema “ Batik Jumputan Memang Menawan”.

Sehingga Dalam kegiatan P5 ini menurut Adesta diampu juga Bapak Rohim dan Ibu Rina. Adesta menambahkan, "Bilamana kegiatan P5 kelas 4 ini melalui berbagai proses aktifitas yang bisa dikenal maupun dilakukan anak- anak diantaranya perkenalan perihal batik Jumputan dan motifnya," tutur nya. 


Kembali ditegaskan Adesta, cara membuat Batik Jumputan dengan alat-alatnya, pembuatan desain sesuai pilihannya sendiri, pemberian warna , pencucian dan penjemuran , menyeterika , pengemasan dan terakhir tentunya pembelajaran mengenalkan Kewirausahaan dimana hasil karya Jumputan tadi dijual melalui stand Gelar Karya ini.


Beberapa tanggapan para Orangtua melalui kegiatan membuat Batik Jumputan ini mengatakan," Cukup senang sekali karena membuat anak- anak menjadi lebih mengerti pekerjaan seperti mencuci, menyeterika yang tidak pernah dilakukan dirumah." papar Evina, salah satu dari orang tua murid.
Selain itu anak-anak menjadi lebih Kreatif. 


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Mengakhiri perbincangan dengan Wali Kelas 4 Adesta di Aula SDI PK Muhammadiyah Delanggu ini harapannya dengan kegiatan P5 ini anak-anak menjadi Mandiri, Kreatif dan pastinya bisa berkarya untuk masa depan. Tentunya tidak ketinggalan support dukungan para Oragtua semua, kegiatan P5 bisa sukses. #Taufik / Yani


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 















Thanks for reading SDI PK Muhammadiyah Delanggu Pamer Batik Jumputan Di Gelar Karya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS