Regana KB PII Jawa Tengah Siapkan Pelajar Siaga Bencana

Februari 21, 2023
Selasa, 21 Februari 2023


 GUGAT news.com

Di Indonesia, akhir-akhir ini di beberapa wilayah terjadi bencana. Kesadaran siaga bencana bagi pelajar dianggap penting oleh  Relawan Kemanusiaan dan Siaga Bencana Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (Regana KB PII) Jawa Tengah dengan mengadakan Pelatihan Pelajar Siaga Bencana yang dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 19 Februari 2023 di Desa Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

Regana KB PII merupakan organisasi badan otonom dari Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) yang bergerak di bidang kemanusiaan dan siaga bencana. 


Regana KB PII Jawa Tengah dalam kegiatan ini juga menggandeng Komando Resort Militer (Korem) 074/Warastratama, Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BTTKG) Boyolali, Buscrap, SAR Rajawali Merapi, dan PW PII Jawa Tengah. 

Kegiatan ini diikuti oleh 82 peserta siswa SMA/SMK/MA yang berasal dari Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Sragen, Surakarta, dan karanganyar. Regana KB PII Jawa Tengah menyampaikan, agenda terdekat adalah Pelatihan Pelajar Siaga Bencana di Karesidenan Pekalongan, Jawa Tengah.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Kegiatan ini memiliki tujuan 1) Memberikan pengetahuan dasar tentang bencana dan kebencanaan, 2) Memberikan pengetahuan menghadapi bencana, 3) Proses mitigasi bencana, 4) Sebagai embrio pembentukan atau penguatan program satuan pendidikan aman bencana.

Peserta Pelatihan Pelajar Siaga Bencana Dasar belajar bersama dengan materi sebagai berikut : Ekspektasi, kontrak belajar dan tata tertib, Kebijakan perundangan penanggulangan bencana, Kesolidan tim Pelajar, ke-regana-an, ke-PII-an, MMR/FGD, Kecakapan Hidup Darurat, Team Work, Bela Negara, Kebangsaan, Kepemimpinan, Kedisiplinan, dan 5 materi dasar pengenalan Mitigasi Air/banjir, Mitigasi Gunung Berapi/Erupsi, Mitigasi Gempa Longsor, Mitigasi Api/ Kebakaran, dan Mitigasi Sosial. 


Regana KB PII Jawa Tengah kegiatan ini mandek begitu saja, setelah kegiatan ini akan ada pembentukan Perkumpulan Pelajar Siaga Bencana dan terdapat 6 Tim yang tersebar se Solo Raya untuk belajar bersama Regana KB PII Jawa Tengah dibawah bimbingan BPBD Jawa Tengah.  

Kegiatan tersebut bertambah meriah dengan diberinya penghargaan bagi dua peserta terbaik selama pelatihan. Kriteria yang dinilai, kepedulian antar teman, kepedulian dengan kebersihan dan sampah, kepedulian teman yang membutuhkan, keaktifan bertanya dan berperan aktif saat mempraktekkan.

Regana KB PII menyampaikan, akan mengadakan agenda serupa dalam waktu dekat di Karesidenan Pekalongan Jawa Tengah.


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 










Thanks for reading Regana KB PII Jawa Tengah Siapkan Pelajar Siaga Bencana | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS