Semua Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII Tinimbalan Hadir Tingalan Jumenengan

Februari 17, 2023
Jumat, 17 Februari 2023


 KGPH Benowo terima silaturahmi istri owners Ayam Bakar Wongsolo Grup Hj Anita Visera Sri Dewi Puspo Wardoyo.

GUGAT news.com. SOLO

Usai berfoto bersama dengan salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Benowo dalam acara sakral Tingalan Jumenengan PB XIII yang ke 19 pada Kamis 16 Pebruari 2023 di Ndalem Ageng Probosuyoso, Hj Anita Visera Sri Dewi Puspo Wardoyo mengaku sangat senang sekali bisa melihat langsung Tingalan Jumenengan di keraton.

Hj Anita Visera Sri Dewi Puspo Wardoyo ( baju hitam) bersama GKR Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ( baju abu-abu)

"Saya baru kali pertama hadir dan menyaksikan langsung di acara yang digelar oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dalam acara Tingalan Jumenengan," tutur Hj Anita Visera Sri Dewi Puspo Wardoyo kepada wartawan yang menjumpainya di Ndalem Ageng Probosuyoso.

Ucapan Selamat dan Sukses Tingalan Jumenengan ke 19 PB XIII dari Owners Ayam Bakar Wongsolo Grup.

Ditambahkan Hj Anita Visera Sri Dewi Puspo Wardoyo, semoga nantinya kedepannya keraton yang selama ini fakum, bisa pulih kembali seperti semula. Pastinya bisa menjadikan kembanggaan warga masyarakat Kota Solo yang mana keraton peninggalan dari leluhur Dinasti Mataram Islam yang sepanjang sejarahnya menjadi pusat kebudayaan masyarakat adat Jawa, ke depannya bisa menjadi unggulan sebagai destinasi wisata internasional.

"Dengan Tingalan Jumenengan ini, saya sangat terkesan sekali bisa menghadiri upacara sakral ini, dan pastinya bisa semakin baik," harap Hj Anita Visera Sri Dewi Puspo Wardoyo.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat destinasi wisata di Solo 

Masih menurut penuturan Hj Anita Visera Sri Dewi Puspo Wardoyo yang kelahiran Ambon namun kini menjadi keluarga Bandung Jawa Barat itu, dirinya merasa salut dengan budaya Jawa dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Tradisi budaya ini harus tetap dan terus diuri-uri dan dilestarikan. Sehingga diharapkan bisa kembali bisa menjadikan destinasi internasional," harapnya.

Sementara itu, begitu mendengar usai Hj Anita Visera Sri Dewi Puspo Wardoyo diwawancarai oleh wartawan, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo ( KGPH) Benowo spontan berujar "Is The Best!". Istimewa Tingalan Jumenengan tahun ini."

Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati (KGPH Adpt) Dipokusumo pengageng perintah keraton PB XIII.

Artinya, ditambah Gusti Benowo, panggilan akrab KGPH Benowo, bagaimana tidak istimewa? Setelah tiada Tingalan Jumenengan lantaran Pandemi Covid 19, tahun ini guyub rukun. Dari Kalangan pejabat hadir, Mangkunegara X, beberapa kerajaan di Nusantara, artis hingga pengusaha nasional dan abdi dalem dari berbagai daerah di Indonesia juga hadir.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

" Demikian pula dengan Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat juga ditimbali, dipanggil untuk menghadiri acara Tingalan Jumenengan ini. Memang ada beberapa Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII yang berhalangan hadir. Intinya, semua Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII dipanggil bukan diundang. Undangan itu untuk tamu, kalau Tinimbalan untuk Putra-putri raja," jelasnya.

      Makanku Praktis dan Tidak Ribet 

Senada dengan yang disampaikan Gusti Benowo, panggilan akrab KGPH Benowo juga diungkapkan oleh beliau Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati (KGPH Adpt) Dipokusumo, Pengageng Perintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono XIII, semua Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII bukan diundang melainkan ditimbali untuk hadir di acara sakral Tingalan Jumenengan, Ulang Tahun kenaikan tahta Raja Sinuhun PB XIII yang ke 19. " Kalau berhalangan hadir ya sumonggo saja. Mungkin secara psikologis belum bisa hadir. Intinya selain ditimbali juga bebas dipersilakan masuk keraton," pungkas KGPH Adpt Dipokusumo diplomatis. #Yani

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali.









Thanks for reading Semua Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII Tinimbalan Hadir Tingalan Jumenengan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS