Sri Yati: Sebaiknya BBWSBS Segera Relokasikan Warga Bantaran Sungai Jenes Pajang

Juni 07, 2023
Rabu, 07 Juni 2023


Sri Yati Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Kalurahan Pajang, Laweyan, Solo.

GUGAT news.com

Ditemui di ruang kerjanya, Sri Yati selaku Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Kalurahan Pajang, Laweyan, Solo, Selasa (6/6) siang mengakui jika di wilayah Kalurahan Pajang ada ratusan bangunan permanen kokoh yang berada di sepanjang bantaran Sungai Jenes serta Sungai Premulung. Dari Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Batik hingga Masjid Laweyan yang ada di perbatasan Kampung Laweyan dan Pajang.

Puluhan bangunan permanen di bantaran Sungai Jenes, Kampung Bratan, Pajang 

"Memang sudah ada beberapa warga yang direlokasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan (BBWSBS). Setidaknya sudah ada sekitar 12 warga. Khususnya di RT 01 RW 14. Bagi tanahnya yang memiliki sertifikat Hak Milik (HM) diganti dengan uang. Sedangkan yang merupakan bangunan liar dan menempati tanah negara, akan dicarikan solusinya ditampung di rumah susun," terang Sri Yati.

Masalah batas bantaran sungai, Kasi Pembangunan Kalurahan Pajang itu mengaku tidak tahu sama sekali akan batas sekaligus jarak berapa meter dari bibir sungai. "Kasihan warga bantaran yang setiap musim penghujan kena dampak banjirnya. Semoga saja BBWSBS yang dalam hal ini berkompeten merelokasi warga, bisa merampingkan semua." harap Sri Yati kepada BBWSBS.

    Keraton Surakarta Hadiningrat 

Yang pasti, lanjut Sri Yati, selain Kalurahan Pajang bisa terbebas dari bahaya banjir Lantara air yang seharusnya bisa mengalir lancar hingga Sungai Bengawan Solo, tidak lagi terhambat riilnya banyak bangunan permanen di bantaran sungai. Pastinya, bantaran sungai akan tampak lebih luas, lebar dan rapi asri. Jauh dari kesan kumuh.

Harapan kami selalu seksi pembangunan, pihak BBWSBS kembali segera merelokasi warga bantaran Sungai Jenes serta Sungai Premulung yang ada di wilayah Kalurahan Pajang. "Sebagai konsekuensinya, warga sebaiknya tidak perlu membandel dengan niat baik pemerintah, dalam hal ini BBWSBS untuk melakukan relokasi. Batasan Bantaran Sungai sekaligus dampak bahayanya, pastinya yang lebih mengetahui BBWSBS. Sumonggo, warga semoga bisa menerima niat baik pemerintah," pungkas Sri Yati. # Yani 








Thanks for reading Sri Yati: Sebaiknya BBWSBS Segera Relokasikan Warga Bantaran Sungai Jenes Pajang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS