Festival Proklim dan Ulang Tahun Bank Sampah Bunga Raya di Dusun II Purbayan

September 26, 2023
Selasa, 26 September 2023


 Pemotongan tumpeng oleh Nanik Purwati Direktur Bank Sampah Bunga Raya

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Setelah usai bersih-bersih sampah di bantaran sungai perbatasan Desa Purbayan dan Makamhaji pada Minggu 10 September 2023 yang lalu, dalam rangka World Clean Up Day akhirnya penggiat lingkungan desa Purbayan,  Nanik Purwati sebagai ketua pelaksana bersama anggotanya yang sebagian besar ibu-ibu PKK kembali melanjutkan agenda tahunan berupa Festival Program Iklim (Proklim) untuk yang ke tiga kalinya di Dusun II Purbayan , Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah sekaligus Tasyakuran Bank Sampah Bunga Raya dalam usianya ke 4 tahun.

Pemberian bantuan sembako dan uang untuk penggrobak sampah

Minggu 24 September 2023 dimulai pukul 07.00 pagi  Kegiatan Festival Proklim fokus di Perumahan Kelapa Gading, Purbayan, Baki, Sukoharjo. Diantaranya ada dodolan barang second , kantin Bunga Raya, Cek Kesehatan gratis, setoran sampah anorganik, pembagian bibit tanaman dan enkoenzim. 

Pemberian penghargaan untuk Nasabah Bank Sampah terbaik

Selain kegiatan Festival Proklim ada acara seremonial,  pemotongan nasi tumpeng ulang tahun ke 4 tahun Bank sampah Bunga Raya dan menghadirkan beberapa pejabat Pemerintahan seperti Camat Baki, mewakili Kepala Desa Purbayan, Dinas Pertanian dan Peternakan, DLH, kepala Puskesmas Baki, salah satu DPRD Sukoharjo komisi 3 H.Moch Samrodin,SE,MM, Dosen Phignatelli UPITRA , Penggiat lingkungan Arif serta TP PKK Baki dan TP PKK Purbayan .

Pemberian bantuan diserahkan DR.Alfa Santosa Dwi Wijoyo,SE,MM dari Universitas Pignatelli Tripusaka diterima Direktur Bank Sampah Bunga Raya

Ketua Pelaksana Nanik Purwanti, dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Para Donatur sehingga acara Festival Proklim ke 3 ini bisa terlaksana dengan penuh  banyak kegiatan , selain itu juga  Nanik sangat berharap sekali Festival Proklim itu bisa menjadi agenda tahunan DLH dan Dusun Purbayan siap sebagai pelaksana.

Para tamu undangan Festival Proklim ke 3 Dusun II Purbayan, Baki, Sukoharjo

Dalam sambutannya Camat Baki, Sutarto, S.STP, MH  mengatakan Program Kampung Proklim itu sangat baik sekali hal ini sebagai bentuk wilayah dalam persiapannya menyambut perubahan iklim pastinya banyak melibatkan masyarakat setempat untuk saling bersinergi untuk tujuan lingkungan yang baik. 

Menambahkan bahwa sampah kalau dirawat akan menjadi Barokah tersendiri tetapi kalau tidak dirawat akan menjadi tumpukan masalah tersendiri juga.

Pada kesempatan itu ada penerimaan bantuan Kegiatan Pengabdian Masyarakat  dari  Universita Phignatelli TRIPUTRA ( UPITRA ) berupa dana untuk pengembangan Bank Sampah Bunga Raya yang diserahkan DR. Alfa Santosa Dwi Wijoyo Putro,SE,MM dan diterima Nanik Purwati. 

Pemberian bantuan kepada penggrobak sampah dan pemberian apresiasi penghargaan berupa sertifikat dan bingkisan kepada Nasabah sampah terbaik Ibu Pujiati dan Ibu Triyanti.

Mewakili DLH, sangat menyambut baik karena Dusun II Purbayan masih terus berkelanjutan mengadakan kegiatan Proklim dimana sampai saat ini Sukoharjo termasuk 3 kontributor, Program Proklim di Jawa Tengah salah satunya Desa Purbayan . 

DLH mengakui Desa Purbayan adalah sebagai pendukung dan support dalam kegiatan Program Iklim . Dalam akhir sambutan Dinas Lingkungan Hidup berharap Program Iklim Dusun II  bisa terus berkembang dan bisa ditularkan ke daerah lain.

Panitia kegiatan Kampung Proklim Dusun II Purbayan sangat berterima kasih kepada penggiat lingkungan Arif yang telah membina Desa Purbayan dalam kegiatan lingkungan , Ibu Mulyani,SPd yang telah membina ibu-ibu dalam pembuatan limbah sampah plastik menjadi hasta karya yang bisa dijual serta para Donatur kegiatan sehingga acara Puncak Festival Program Iklim Desa Purbayan bisa sukses.# Taufik 








Thanks for reading Festival Proklim dan Ulang Tahun Bank Sampah Bunga Raya di Dusun II Purbayan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS