Devile Bergodo Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Oktober 17, 2023
Selasa, 17 Oktober 2023


 Tanpa pasukan drumband melainkan Bergodo Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto: Yani

GUGAT news.com SOLO

Sabtu (14/10) sore bakda asar, suasana halaman Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tidaklah seperti biasanya. Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang biasanya lengkap dengan Bergodo Prajurit tidaklah pada sore itu. 

Bukannya Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat melainkan hanyalah ada enam pasukan Bergodo Prajurit Keraton tanpa Devile pasukan drumband. Bisa dipastikan lagi, suasana kurang meriah meski tetap diiringi dengan musik drumband dari tape recorder, tetap saja kurang seru.

Dikonfirmasi masalah ketidakhadirannya pasukan drumband, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati (KGPH Adipati) Dipo Kusumo selaku Pengageng Perintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengatakan, jika mereka pasukan drumband berhalangan hadir untuk hari Sabtu sore ini.

" Semoga saja, Sabtu sore yang akan datang mereka para prajurit drumband tidak akan berhalangan hadir, seperti Sabtu sore sebelumnya. Ya, baru kali mereka berhalangan hadir. Meski kurang meriah dengan dentuman drumband, namun penonton masih saja antusias dan banyak yang datang dari berbagai daerah di luar Kota Solo," tutur KGPH Adipati Dipo Kusumo, puas.

Untuk tidak mengecewakan, lanjut Gusti Dipo, panggilan akrab KGPH Adipati Dipo Kusumo, selain barisan enam Bergodo Prajurit Keraton, di sela sela pasukan diistirahatkan diselingi tari tarian peperangan. Setidaknya dengan adanya selingan tari, pengunjung bisa menikmati hiburan tontonan selain Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Seperti biasanya, sebelum acara selesai, pengunjung diberikan waktu sejenak untuk bisa berfoto bersama dengan padukan prajurit keraton. Begitu pengunjung sudah selesai dengan kegiatan foto bersama prajurit, tak selang berapa lama prajurit pun dibariskan untuk kembali masuk ke markas, Ndalem Sasono Mulyo. #Yani

Thanks for reading Devile Bergodo Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS