Gardu Listrik PB X Banyak yang Rusak

Oktober 16, 2023
Senin, 16 Oktober 2023


 Gardu Listrik PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang ada di Ngarsopuro. Foto : Yani

GUGAT news.comSOLO

Pastinya cukup memprihatinkan, peninggalan sejarah heritage dari Sinuhun Paku Buwono X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang ada di luar tembok Beteng Baluwarti banyak yang rusak, hilang tak berbekas rata dengan tanah.

Salah satu diantaranya, Gardu Listrik PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang puluhan tahun silam banyak berdiri di kampung kampung pinggiran jalan besar, sekarang ini serasa sulit ditemukan. Kalaupun ada, bisa dihitung dengan jari. Bahkan tidak lebih dari sepuluh.

Sepertinya bangunan tembok Gardu Listrik PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini hanya bisa dijumpai di dalam Beteng Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, persis berada di sebelah Utara Masjid Paramosono dan Ngarsopuro di depan Puro Mangkunegaran. 

Untuk yang di Kebon Rojo Sriwedari, seperti sudah tidak ada lagi dan rata dengan tanah untuk berdirinya sebuah bangunan. Sedangkan yang ada di Kampung Batik Bumi, Laweyan juga sudah tidak ada lagi. Sepertinya sudah diratakan dan diperuntukkan sarana parkir pom bensin Kabangan. 

"Dahulunya, puluhan tahun silam bangunan Gardu Listrik PB X banyak bertebaran di kampung kampung di Solo. Sepertinya, itu semua tinggal kenangan yang tiada bisa diceritakan apalagi digambarkan kepada anak anak cucu. Memprihatinkan heritage bersejarah tinggalan PB X musnah!" ujar Edi Haryoto (60) warga Bumi, Laweyan, Solo.

Disesalkan Eddi yang dahulunya ada bangunan Gardu Listrik PB X di Kampung Batik Bumi, sekarang ini sudah tiada lagi bersamaan dibangunnya POM bensin Kabangan, Laweyan. "Ya dulu di samping POM bensin Kabangan memang ada Gardu Listrik PB X. Kini sepertinya tinggal di Ngarsopuro saja," pungkas Eddie kecewa. #Yani










Thanks for reading Gardu Listrik PB X Banyak yang Rusak | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS