PKK Purbayan Panen Eco Enzyme

Oktober 11, 2023
Rabu, 11 Oktober 2023

PKK Dusun Purbayan , Baki, Sukoharjo Pembagian Eco Enzym

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Kegiatan iatan Ibu-Ibu PKK Dusun Purbayan, Baki, Sukoharjo khususnya RT 03 RW 11 memang patut diapresiasi. ersendiri. Karena dalam kegiatannya hampir selalu menyentuh tentang pemanfaatan sampah agar menjadi Berkah. 

Ibu PKK RT 03 RW 11 Purbayan, Baki, Sukoharjo menyanyikan lagu mars PKK.

Hal ini terkait sampah rumah tangga yang umumnya 70 % berupa sampah organik harus dikelola dengan baik, karena tanpa dikelola dengan baik gas yang dikeluarkan dari sampah yang disebut gas Metana akan sangat berbahaya bagi lingkungan dan manusia. 

Bu Safhira Faradina Ketua PKK beri penjelasan tengtang Eco Enzime

Peran Ibu penggiat lingkungan, salah satunya Nanik Purwati ikut dalam memberikan edukasi untuk ibu-ibu PKK Dusun Purbayan, Baki, Sukoharjo telah membuahkan banyak hasil yaitu seperti kegiatan Proklim, adanya Bank Sampah serta panennya Eco Enzim yang siap dibagikan pada pertemuan ibu-ibu PKK.

Sehingga pada hari Minggu 8 Oktober 2023 Pukul 10.00 WIB. Dengan pembuatan sendiri Eco Enzyme dari para ibu-ibu ini paling tidak para ibu PKK sudah mempunyai rasa peduli dengan sampah sehingga akan memanfaaatkan sampah dirumah dengan sebaik-baiknya.

Setidaknya bisa membantu mengurangi muatan sampah di TPA. Dalam penjelasannya dari Ibu Shafira Faradina Ketua PKK Purbayan, Baki, Sukoharjo  bahwa Eco Enzym adalah pupuk cair alami tanpa bahan kimia dengan manfaatnya sejuta manfaat. 

Bahan pembuatannya cukup sampah organik dari rumah tangga seperti kulit buah atau bonggol sayuran. Semua sampah ini baiknya dipotong-potong dan dicuci bersih kemudian dimasukkan ke Kompoter untuk dibusukkan.

 Komposter bisa dibuat dari ember dengan tutupnya yang kedap udara. Untuk pembusukan diperlukan juga bahan seperti molase atau Gula Jawa asli atau Gula Aren ditambah air tentunya ada perbandingan sesuai wadahnya.  Lamanya 3 bulan. Seperti Eco Enzyme yang sudah dipanen dari Ibu-ibu PKK Dusun Purbayan itu pembuatannya sejak Juni 2023.

Dengan Eco Enzyme disamping memanfaatkan sampah organik dari rumah tangga menjadi berkah sekaligus ikut mendukung program Pemerintah dalam mengurangi pemanasan global. Dalam kegiatannya panen Eco Enzym yang bertempat di Perumahan Kelapa Gading RT 03 RW 11 Purbayan, Baki, Sukoharjo digelar juga UMKM kantin Bunga Raya dengan menawarkan aneka makanan dan jajanan sebagai usaha meningkatkan UP2K. #Taufik / Yani


















Thanks for reading PKK Purbayan Panen Eco Enzyme | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS