Canthik Kyai Rajamala Ada Di Ndalem Joyosuman

November 19, 2023
Minggu, 19 November 2023


         Replika Canthik Kyai Rajamala

GUGAT news.com SOLO

Selama dua hari penuh dari pagi hingga malam hari (17-18/11) suasana Ndalem Joyosuman Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, tidak seperti biasanya, sunyi, sepi sehingga tampak angker, namun tidaklah pada hari itu Jumat dan Sabtu ribuan pengunjung penuhi Ndalem atau rumah peninggalan Sinuhun Paku (PB) X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat itu.

Ya, pada hari itu  di Ndalem Joyosuman ada kegiatan budaya pementasan tari topeng sekaligus pameran topeng dari beberapa negara di Asia, Internasional Mask Festival (IMF). Ada puluhan topeng dipamerkan dari beberapa negara Asia serta dari Kalimantan. Menariknya, topeng Kyai Rajamala yang aslinya ada di Museum Radya Pustaka dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, tetap menjadi mascot nya.

Sehingga tidaklah mengherankan lagi jika space, ruangan area pamer Patung Kyai Rajamala menempati ruangan tersendiri. Di halaman rumput Ndalem Joyosuman Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, tidaklah seperti patung patung topeng yang lainnya, berjejer rapi di serambi, teras halaman Ndalem Joyosuman.

Entahlah, lantaran ukurannya yang cukup besar atau memang ada unsur kesakralannya tersendiri. Lampu sorot bertegangan tinggi pun di pasang pada tiga titik lokasi mengitari Hiasan replika Canthik Kyai Rajamala. Tak pelak, mereka pengunjungpun saling antre untuk bisa berfoto di depan replika Canthik Kyai Rajamala. #Yani.

Thanks for reading Canthik Kyai Rajamala Ada Di Ndalem Joyosuman | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS