Bukber Di Masjid Paromosono PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Maret 12, 2024
Selasa, 12 Maret 2024


 Akhmad Nadzir Imam Masjid Paromosono PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO 

Kepada GUGAT news yang menjumpai di serambi Masjid Paromosono Sinuhun (Paku Buwono) PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (12/3) sore, Imam Masjid Ustadz Akhmad Nadzir mengatakan, " jika setiap bulan Ramadhan, Masjid Paromosono selalu menggelar buka bersama jamaah sekitar dan musafir," jelasnya.

Masjid Paromosono PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 1750

Sudah puluhan tahun, lanjut Akhmad Nadzir, buka bersama itu digelar selama bulan Ramadhan penuh dengan variasi menu makanan dan minuman. Tidak kurang 50-60 jamaah berdatangan dari sekitar Baluwarti, kampung di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Namun demikian, juga tidak sedikit pendatang atau musafir dari berbagai daerah di Soloraya.

Adalah Masjid Paromosono PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini dibangun oleh Sinuhun PB II setelah kepindahannya dari Keraton Kartasura Hadiningrat 1745. Sebelum mendirikan Masjid Paromosono, dibangunlah Masjid Pudjosono di dalam Benteng Cempuri. Sedangkan Masjid Paromosono didirikan di luar Beteng Cempuri namun masih ada di dalam Benteng Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada 1750.

Kembali Akhmad Nadzir menerangkan, sebelum dimulai buka bersama di serambi Masjid Paromosono, terlebih dahulu diadakan semacam ceramah keagamaan, kuliah tujuh menit atau kultum hingga berkumandangnya adzan Maghrib. Barulah buka bersama dimulai. Selesai dari Bukber, dilanjutkan jamaah shalat Maghrib. 

" Istirahat sejenak sambil menunggu datangnya waktu shalat Isya, selanjutnya shalat Isya berjamaah dilanjutkan dengan shalat Tarawih hingga rampung. Terkadang masih ada makanan ringan takjil, jaburan. Kadang minuman kolak pisang untuk dinikmati bersama sambil istirahat di serambi Masjid," pungkas Akhmad Nadzir. #Yani

Thanks for reading Bukber Di Masjid Paromosono PB II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS