GKR Timur Rumbai Hadir Di Padusan Umbul Ngabeyan

Maret 10, 2024
Minggu, 10 Maret 2024


 GKR Timur Rumbai Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com BOYOLALI 

Ritual sakral Padusan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali bekerjasama dengan pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada Sabtu (9/3) pagi hingga siang hari menjelang dlohor dari Kantor Kecamatan Banyudono, Boyolali sampai ke Umbul Ngabeyan, Pengging, Banyudono, Boyolali dihadiri salah satu Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Timur Rumbai Dewayani.

Arak-arakan kirab budaya diawali dari Kantor Kecamatan Banyudono yang langsung dipimpin oleh Bupati Boyolali Muhammad Said Hidayat yang mengendarai kereta ditarik kuda. Sebelumnya sebagai cucuk lampah, pembukaan jalan dari keramaian ribuan pengunjung yang memadati jalan sepanjang 1.5 Km dari Kantor Kecamatan Banyudono sampai Umbul Ngabeyan Pengging, Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengawali kirab.

Begitu arak arakan kiran budaya Padusan tiba di Umbul Ngabeyan, Bupati Boyolali Muhammad Said Hidayat langsung disambut tarian Bedhaya yang langsung pula orang nomor 2 di Boyolali itupun turut menari hingga terus berjalan masuk ruangan area Umbul Ngabeyan. Di belakang Bupati Muhammad Said Hidayat tampak rombongan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Sayangnya, momentum sakral belum sempat dimulai, begitu Gusti Timur Rumbai Dewayani dengan rombongan keraton tiba di Umbul Ngabeyan dan langsung duduk sebentar dengan tamu Muspida Boyolali dan tidaklah berapa lama Gusti Timur Rumbai Dewayani pun pamit mohon diri lantaran harus segera kembali ke keraton yang juga ada acara penting di bulan Ruwah itu.

Menurut jadwal yang sudah disusun oleh panitia, sebelum Mas dan Mbak duta wisata Boyolali diperkenankan mandi Padusan di Umbul Ngabeyan, sebelumnya mereka para Mas dan Mbak Boyolali harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Disiram air kembang setaman tubuhnya oleh Bupati Boyolali Muhammad Said Hidayat dilanjutkan Ibu Sekda, Ibu Kepala Dinas pariwisata dan pastinya GKR Timur Rumbai Dewayani.

"Sayangnya beliau Gusti Timur Rumbai Dewayani tidak bisa melakukan siraman air Kembang Setaman kepada Mas dan Mbak Boyolali yang selanjutnya mandi Padusan di Umbul Ngabeyan. Kebetulan Gusti Timur juga ada acara penting di keraton yang juga masih berkaitan dengan ritual sakral Ruwahan atau Syakban," jelas Raden Surodjo, pegiat budaya yang juga kerabat Ndalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. #Yan 1

Thanks for reading GKR Timur Rumbai Hadir Di Padusan Umbul Ngabeyan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS