Pohon Beringin Jongke Peninggalan Keraton Pajang

Maret 27, 2024
Rabu, 27 Maret 2024


 Pohon Beringin Jongke dulu dikenal angker kini jadi tampak indah dengan adanya bangunan Kalurahan Sondakan

GUGAT news.com SOLO

Puluhan tahun silam, pohon beringin yang ditengarai sebagai bagian dari peninggalan Kerajaan Kasultanan Pajang Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet yang populer dengan sebutan Joko Tingkir abad 15 ini, dikenal sangat angker.

Sehingga pada saat itu, jika malam hari mulai menjelang orang lebih suka memilih jalan memutar sedikit lebih jauh asalkan tidak harus melewati jalan di depan Pohon Beringin Jongke, Sondakan, Laweyan.

Bagaimana tidak terkesan angker, jika di sekitar area Pohon Beringin Jongke yang usianya sudah hampir 5 abad itu, ada ratusan jasad yang juga usianya sudah mencapai ratusan tahun dimakamkan di sekeliling Pohon Beringin.

Suasana angker justru mulai berubah manakala disela sela lahan kuburan justru dimanfaatkan sebagai sarana layaknya "Las Vegas" yang ada di Amerika. Tempat maksiat perjudian dan minum minuman keras. 

"Apalagi sekarang ini, suasananya di Pohon Beringin Jongke jauh berbeda tampak asri, indah dan nyaman. Hilanglah sudah kesan seram, sepi dan angker dengan dibangunnya Gedung Kalurahan Sondakan, " jelas Bejo (67) warga Kampung Sondakan.

Sepertinya apa yang disampaikan Bejo benar adanya dengan hasil pemantauan GUGAT di lokasi. Suasana Pohon Beringin Jongke tampak lebih asri dan pastinya jauh dari kesan kumuh, koyor apalagi angker. Ditambah lagi bangunan megah Kantor Kalurahan Sondakan.

Bahkan saat dikenal sebagai "Las Vegas" nya Solo, GUGAT news juga sempat memantau kegiatan maksiat perjudian dan miras yang dimulai dari pagi hari hingga dini hari. Bahkan bisa jadi 24 jam nonstop marak kegiatan judi.

Bahkan sepertinya juga tampak aman aman saja dari bidikan Polresta Surakarta pada saat itu. Ramai beragam jenis perjudian, dari permainan kartu remi, domino, puteran angka piringan hitam hingga judi cap jie kie yang dibuka mulai jam 09.00-00.00 WIB.

"Alhamdulillah..."Las Vegas ' itu sekarang sudah tidak ada lagi. Bisa jadi kalau tidak segera ada perubahan menjadi Kantor Kelurahan Sondakan, saya bisa seperti kebanyakan teman lainnya. Rumah tangga ambyar, rumah katut kejual habis untuk berjuang di di Pohon Beringin Jongke ini," tandas Bejo sambil tertawa. #Vin.




Thanks for reading Pohon Beringin Jongke Peninggalan Keraton Pajang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS