Rel Bengkong Purwosari dan Mister Sejarahnya

April 04, 2024
Kamis, 04 April 2024


 Kereta Api saat melintasi rel bengkong

GUGAT news.com SOLO

Pagi sekitar pukul 06.00 WIB kereta dari stasiun Purwosari yang selanjutnya menuju ke arah Stasiun Wonogiri, mulai diberangkatkan. Begitu sampai di Wonogiri, selanjutnya dari pukul 10.00 WIB, giliran diberangkatkan kereta wisata dari Stasiun Wonogiri menuju Kota Solo.

Menyoal yang belakangan ini ramai dibicarakan warga di sekitar rel bengkong akan seringkali terjadinya kecelakaan tunggal mereka para pemotor, sepeda ontel dan tak jarang becak yang terjatuh terpeleset di atas rel bengkong. Ada yang mengatakan itu semua lantaran ulah dari penunggu gaib rel peninggalan kolonial Belanda. Namun tidak sedikit dikatakan kurang hati-hati nya pengendara.

Menariknya, diungkapkan Iskandar (58) warga Todipan, Purwosari, meskipun sering terjadi kecelakaan tunggal terpeleset di atas rel bengkong, namun belum pernah menjadikan korban sampai meninggal. Luka parah pun juga tidak, paling lecet dan sedikit tangan ataupun kakinya hanya terkilir. Sepertinya belum ada kabar yang sakit parah apalagi meninggal.

" Kalau masalah itu kejadian disebabkan ulah dari penunggu gaib di sepanjang rel bengkong, secara pribadi saya tidak tahu. Memang, banyak yang mengatakan demikian. Namun menurut saya, mereka jatuh terpeleset itu lantaran kurang hati-hati dan kurang bisa memahami bagaimana seharusnya melintas di atas rel yang bengkong lain dengan yang lurus," jelas Iskandar.

Ditambah Kandar, panggilan akrab Iskandar yang merupakan guru privat setir mobil ini, harusnya saat melintas di atas rel yang bengkong dan tidak lurus, janganlah mengikuti jalur rel kereta arah lengkungannya, ini membawanya ban mengikuti arah rel dan pasti akan meleset terjatuh, melainkan harus dipotong sehingga tidak terjatuh karena tidak meleset.

"Silakan sumonggo saja,  bagi yang memahami jika terpelesetnya di atas rel bengkong lantaran ulah nakal dari penjaga gaib lintasan kereta api yang memotong jalan Slamet Riyadi, Purwosari itu. Yang jelas insiden jatuh terpeleset di atas rel bengkong itu bisa dilogika dengan nalar akal sehat," tutur Kandar tersenyum.

Menariknya lagi, lanjut Kandar, sekalipun belum.pernah sama sekali dari ratusan tahun silam lintasan rel kereta api bengkong ini diberi semacam pagar keamanan, dan terjadi semacam kecelakaan. Padahal memotong jalan utama Slamet Riyadi dan hanya dijaga oleh dua petugas yang hanya membawa bendera, sebagai tanda harus hati-hati di tengah jalan dan berdekatan dengan letak rel bengkong, tidak pernah terjadi kecelakaan ditabrak atau menabrak kereta api.#N1N





Thanks for reading Rel Bengkong Purwosari dan Mister Sejarahnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS