Gusti Puger Menyoal Sumur Pertapaan Sinuhun PB IX

Mei 30, 2024
Kamis, 30 Mei 2024


 Sumur bekas Pertapaan Sinuhun Paku Buwono IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO 

Ditemui di Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger mengatakan bilamana apa yang menjadikan keinginan sekaligus hajat dari masa mudanya Sinuhun PB IX terkabulkan.

"Ya saat itu, masa muda beliau tinggal di sini dan Gentur atau rajin melakukan tirakat laku spiritual berharap akan Rahmad dan Rudhlo Ilahi Rab, Gusti Kang Murbeng Dumadi Akaryo Jagad, Allah SWT dengan cara semedi, bermeditasi serta bertapa di atas sumur dengan cara rebahan diantara dua Sumur. Hasilnya, nyata menjadikan dirinya Jumenengan Noto sebagai raja Sinuhun PB IX," ujar GPH Puger.

Menariknya lagi, masih menurut penuturan Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger, sepeninggal beliau Sinuhun PB IX yang menurunkan salah satu putranya menjadikan gemah Ripah loh jinawi Toto tentram nya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Beliau adalah Sinuhun PB X. Raja paling masyhur dan terkaya sepanjang Dinasti Mataram Islam terakhir, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Dikonfirmasi seputar banyaknya pengunjung wisatawan dari berbagai daerah di seluruh tanah air ini yang berharap berkah dengan mengkonsumsinya air dari Sumur Pertapaan Sinuhun PB IX, Gusti Puger mempersilakan saja selama tidak bermaksud syirik. Bukan karena airnya melainkan kesemuanya tidak terlepas dari kuasa Ilaihi.

"Sumonggo, silakan saja mau meminum, cuci muka sekaligus berwudhu dan langsung menunaikan shalat sunah di area sumur ataupun harus membawa pulang untuk dikonsumsi di rumah bersama keluarga. Intinya, kesemuanya tidak terlepas dari peran Allah SWT. Mau untuk kesehatan, kecantikan atau maksudnya tertentu ngalap berkah, jangan pernah berpikir keberhasilan itu karena air PB IX namun karena Ilahi,":pesan Gusti Puger. #Yani.


Thanks for reading Gusti Puger Menyoal Sumur Pertapaan Sinuhun PB IX | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS