Lawang Gapit dan Kori Brojonolo Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Mei 29, 2024
Rabu, 29 Mei 2024


 Lawang Gapit namun ada yang menyebut Kori Brojonolo Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang ada di Kamandungan. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Untuk mendapatkan gambar yang menarik, tidak semrawut lalu lintas, sehingga pagi hari begitu selesai dari jama'ah shalat Subuh, GUGAT news langsung bergegas menuju ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Tepatnya berada di Lawang Gapit atau kebanyakan orang menyebutnya Kori Brojonolo Lor.

Ternyata benar adanya, suasana masih tampak sepi. Tanpa pikir panjang lagi GUGAT news langsung mengambil fotonya. Bukan tanpa alasan untuk menuangkan cerita sejarah Lawang Gapit ini, pasalnya beberapa hari sebelumnya GUGAT news sempat berbicara panjang lebar dengan beberapa abdi dalem setelah selesai jama'ah shalat lohor di Masjid Paromosono.

Di Masjid Paromosono yang ada di luar Beteng Cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat namun masih di dalam lingkungan dalam Benteng Baluwarti dan dibangun oleh Sinuhun Paku Buwono ( PB) III sekitar tahun 1750 ini, kami beramai ramai mendiskusikan Lawang Gapit dan Kori Brojonolo. 

Bahkan dari salah satu abdi dalem itu mengatakan, jika sebenarnya keraton itu menghadap ke Selatan bukan ke arah Utara seperti sekarang ini. Kori Kamandungan itu merupakan bagian belakang dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Di depan nya adalah Kori Saleko yang ada di Utara Kori Brojonolo Kidul.

Dahulunya, Solo ini disebutkan sebagai Nagari Surakarta yang ibukotanya berada di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Berkaitan dengan itu, orang orang tua pada saat itu mengenalnya sebagai Lawang Gapit bukan Kori Brojonolo Lor, Kidul, wetan dan kulon. 

Untuk Lawang Gapit hanya ada satu yang berada di Kamandungan. Dikatakan Lawang Gapit, karena diapit oleh dua pintu, kanan dan kiri yang ada di area Kori Kamandungan. Termasuk Kori Brojonolo ini juga hanya ada satu. Kori Brojonolo Kidul, ada di depan atau Utara Sitihinggil Kidul. Keduanya ini dibuat oleh Sinuhun PB III.

Akan halnya dengan Kori Butulan yang ada di sebelah barat dan timur, merupakan Kori yang dibangun oleh Sinuhun PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Bentuknya sedikit lebih kecil dari pada Kori Brojonolo Kidul dan Lawang Gapit Lor. Serta juga tidak ada bangunan semacam pos penjagaan. Bangsal Wisomarto tengen, Kanan dan Kiwo atau kiri. #Yani.


Thanks for reading Lawang Gapit dan Kori Brojonolo Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS