Mungkinkah Tugu Prasasti PB 9

Mei 24, 2024
Jumat, 24 Mei 2024


 Patok tugu bertuliskan PB 9 di tepi Sungai Jenes Laweyan - Banaran sekitar Bandar Kabanaran. Foto : Yani

GUGAT news.com SUKOHARJO

Siang itu, Jum'at (24/5) sekitar pukul 14.00 WIB, berssma Subur, warga setempat GUGAT news di antar ke lokasi adanya berdiri tugu atau tonggak setinggi 1 meter dengan fondasi batu kali dan ada semacam tulisan PB 9. Menariknya, biasanya yang berkaitan dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, tulisan PB angkanya dengan huruf Romawi, namun tidak dengan yang ini. PB 9 biasa nya ditulis dengan PB IX.

"Warga kampung kami, Banaran, Grogol, Sukoharjo atau bahkan Laweyan, Solo, sepertinya juga tidak memahami dengan adanya tonggak atau tugu bertuliskan PB 9 di bantaran sungai Jenes yang masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo. Merupakan perbatasan wilayah Solo-sukoharjo. Sejarahnya cerita bagaimana kami tidak pernah tahu. Dulu di sekitar tugu tertutup pepohonan bambu," jelas Subur.

Masih menurut penuturan Subur, puluhan tahun silam memang di sekitar area tugu itu ada satu rumah yang sudah ditinggalkan oleh pemiliknya, sehingga oleh warga setempat dipergunakan untuk lokasi wisata pemancingan. Dahulunya yang rimbun dengan pepohonan besar dan bambu, sehingga tampak suasananya sepi dan angker lantaran tidak berpenghuni. Dengan adanya pancingan, suasananya tampak ramai.

"Kami sebagai warga setempat, berkeinginan sekali untuk bisa mengetahui apa sebenarnya bangunan tugu atau tonggak yang bertuliskan PB 9 itu. Kalau merupakan peninggalan sejarah, tidak ada salahnya di uri uri, dilestarikan keberadaannya sekaligus dirawat. Siapa tahu bisa menjadikan destinasi wisata cagar budaya," harap Subur.

Kalaupun tidak merupakan peninggalan sejarah, lanjut Subur, juga tidak ada salahnya tetap dirawat. Jangan sampai di rusak apalagi dirubuhkan. Namun demikian, juga jangan ditelantarkan meski tidak meninggalkan catatan sejarah Tetap dirapikandan dirawat layaknya heritage. "Siapa tahu kelak nantinya mendatangkan manfaatnya tersendiri," harap Subur. #Yani.


Thanks for reading Mungkinkah Tugu Prasasti PB 9 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS