Sumur Penyembuhan Joko Tingkir

Juni 10, 2024
Senin, 10 Juni 2024


 Sumur penyembuhan peninggalan dari Kasultanan Pajang Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet yang lebih populer dengan sebutan Joko Tingkir. Foto: Yani

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Adalah Purwanto pemilik sumur bertuah yang ada di Kampung Kaliniti RT 002 RW 004 Siwal, Baki, Sukoharjo. Kabarnya, sumur bertuah yang airnya mampu mengobati berbagai jenis penyakitnya dan permasalahan itu peninggalan dari Kerajaan Pajang dengan Rajanya Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet yang lebih populer dengan sebutan Joko Tingkir.

"Sumur ini dahulunya tidak berdinding semen seperti sekarang ini, sehingga tampak batu batu bata berukuran besar besar. Untuk menghindari adanya longsor, oleh orang tua saya dibangun seperti sekarang ini, tembok semen di luarnya namun tidaklah pada bagian dalam nya." terang Purwanto.

Menariknya, masih menurut penuturan Purwanto, meskipun tidak pernah kemasukan air hujan lantaran di atasnya ada genteng penutup sekaligus sudah puluhan tahun airnya dipakai untuk pembuatan batu bata merah serta diambil oleh mereka para pengunjung yang datang dari berbagai daerah di luar Kabupaten Sukoharjo, namun airnya tidak pernah kering.

"Alhamdulillah...kami tidak pernah harus memungut biaya kepada mereka yang berdatangan untuk mengambil air dengan berbagai maksudnya dan tujuan masing masing. Silakan mengambil air secukupnya dan masalah kesembuhan dan hajat terkabulkan bukan karena air sumur melainkan Rahmad dan Rudhlo Ilahi Rab, Allah SWT. Jangan sampai musyrik percaya bahwa air yang mengabulkan hajat, namun melupakan ke Maha Kuasa nya Allah SWT," pungkas Purwanto. #Vin.

Thanks for reading Sumur Penyembuhan Joko Tingkir | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS