Masjid Surojiwan Wujud Eksisnya Keraton Pajang

Desember 11, 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Masjid Surojiwan Kasultanan Keraton Pajang, berdiri megah di pelataran keraton. Wujud eksis keberadaan Kasultanan Keraton Pajang. Foto : Nindya.
----------------------------------------------------
Gugat86.com. Sukoharjo. Kali ini benar benar yang dilakukan oleh pihak kasultanan Keraton Pajang, Sultan Suradi Joyonagoro tidak main-main dan tidak tanggung tanggung. Hal itu dimaksudkan guna wujud nyata akan eksisnya keberadaan Keraton Pajang. Membangun masjid. Barulah segera membangun keraton berikut pendhopo serta pisowanan sebagai lokasi pertemuan Sultan dengan masyarakat. "Alhamdulillah...6 bulan lalu kami mempunyai dana 1.3 m, langsung saja kami wujudkan Masjid Surojiwan. Segera akan datang, kami bangun Keraton Pajang. Mohon doa restu nya!" Pinta Sultan Suradi.
     Keraton, lanjut Sultan, masjid adalah selain merupakan sarana ibadah juga tempat syi'ar Islam. Merupakan pula tempat Sultan memberikan Sabdo Pandhita Ratu, ular ular pitutur luhur. Sehingga perlu sekali diutamakan pembangunan. Tahap berikutnya, kedhaton akan segera pula dibangun, barulah bangunan bangunan pendukung. "Pembangunan keraton nantinya, merupakan wujud nyata, eksistensi akan keberadaan Kasultanan Keraton Pajang. . Kami buktikan, bahwa sungguh sungguh dalam melestarikan budaya Keraton Pajang," urai Sultan Suradi.
    Masjid Surojiwan yang berdiri di atas bekas bangunan Pendhopo Ageng Kasultanan Pajang dan memiliki luas bangunan 15 x 18 itu meski milik keraton, namun terbuka bagi masyarakat di sekitarnya untuk kemaslahatan umat. "Sumonggo kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan dan kemaslahatan warga di sekitar keraton," pinta Sultan Suradi sambil memberikan instruksi kepada takmir Masjid Surojiwan
     Sore ini, Rabu 11/12 sekitar pukul 15.00 wib, usai bakda salat Ashar, Masjid Surojiwan akan resmi dibuka untuk umum. Setelah sebelumnya akan diresmikan KH Syaid Agil Siradj. " Mohon doa restunya bagi seluruh masyarakat di negeri tercinta ini, Indonesia. Semoga dengan diresmikan sekaligus dibuka untuk jamaah umum, akan menjadikan Rahmat tersendiri bagi Kasultanan Keraton Pajang, khususnya. Masyarakat seluruh Tanah Air umumnya," harap Sultan Suradi yang diamini abdi dalemnya. ( Yani)

Thanks for reading Masjid Surojiwan Wujud Eksisnya Keraton Pajang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS