Palenggahan Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV Segera Dipindahkan

Januari 11, 2020
Sabtu, 11 Januari 2020
Palenggahan Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV yang ada di Kedhaton Kasultanan Keraton Pajang, segera dipindahkan. Foto : Abi Zahra.
--------------------------------------------------

GUGAT86.com. Sukoharjo. Sehubungan dengan akan dibangunnya Kedhaton Kasultanan Keraton Pajang dalam waktu dekat ini, persiapan guna  pemindahan palenggahan pun dimulai. " Tidak boleh sembarangan, grusa grusu dalam pengangkatan, apalagi pemindahan palenggahan. Ada uba rampe dan cara etika, tata cara tersendiri," terang Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV.
     Dalam waktu dekat ini, lanjut, Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV, Kasultanan Keraton Pajang akan banyak memiliki hajat dalem. Akhir bulan Januari, segera memastikan selesai tidaknya boyongan Joglo Kudusan dan Limasan Jawa.
     Awal bulan atau pertengahan Pebruari ritual sakral haul Joko Tingkir harus digelar. Tak berapa lama, Kembali menyusul hajat dalem Wilujengan Tingalan Jumenengan. Belum sempat rehat istirahat sejenak, hajat dalem sudah harus mulai dikerjakan. "insyaallah... April-Mei ini boyong kedhaton dari Kudus ke Kasultanan Keraton Pajang dilakukan," papar Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV, serius.
     Begitulah, masih menurut Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV, sebagai konsekuensinya berdaulat di Kasultanan Keraton Pajang. Selesai boyong kedhaton, Kembali hajat dalem menunggu untuk segera dikerjakan. Penyempurnaan taman pemandian Sultan dan kerabat Kasultanan Keraton Pajang.
     Disela sela usai jama'ah Salat Maghrib di Masjid Surowijan Kasultanan Keraton Pajang, Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV, menerangkan jika dalam kurun waktu tahun 2020 Kasultanan Keraton Pajang disibukkan dalam kegiatan hajatan dalem. "Alhamdulillah... selama ini kasultanan Keraton Pajang selalu dalam Rahmad dan ridho Allah SWT. Dimudahkan dalam segala urusan." ( Yan 1)
   

Thanks for reading Palenggahan Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV Segera Dipindahkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS