BRM Kusumo Putro SH MH ; Pajang Dulunya Kerajaan Besar

Februari 12, 2020
Rabu, 12 Februari 2020
Mahkota dan Dampar ( Kursi)  kebesaran Kasultanan Keraton Pajang yang sekarang ini. Foto : N 1 A
----------------------------------------------------GUGAT86.com. Sukoharjo. Ditemui di rumahnya di Perumahan Kuantan, Gonilan, Colomadu, Karanganyar, Rabu (12/2) siang, Bendoro Raden Mas ( BRM)  Kusumo Putro SH MH, selaku Ketua Yayasan Forum Budaya Mataram (FBM) Surakarta, masalah keberadaan Kasultanan Keraton Pajang, berujar singkat," Maaf, saya tidak mau komentar," ujar dia.
     Meski kurang berkenan bicara seputar kasultanan Keraton Pajang, Kusumo, panggilan akrab BRM Kusumo Putro SH MH, mengaku penasaran dengan sulitnya menemukan bekas peninggalan Kerajaan Pajang yang waktu itu dikenal dengan Rajanya Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir, yang cukup besar, namun kenapa bekas peninggalan bersejarah nya sulit diketemukan?
     Benarkah petilasan serta Yayasan Kasultanan Keraton Pajang yang ada seperti sekarang ini merupakan bagian dari wujud peninggalan sejarah Keraton Pajang? " Hal ini yang perlu kita kaji lebih jauh akan keberadaan peninggalan Kerajaan Pajang yang sebenarnya," tandas Kusumo yang menolak membicarakan Kasultanan Pajang saat ini.
     Setidaknya, Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) bisa menggandeng arkeolog untuk sebuah penelitian keberadaan Kasultanan Keraton Pajang. " Bisa jadi dilakukan penelitian di sekitar area Kampung Pajang. Siapa tahu ada terpendam di dalam tanah atau wujud lain," urai Kusumo.
     Boleh jadi, masih menurut penuturan Kusumo, keberadaan sumur di Kampung Tegal Kembang yang konon dipakai ngendat, bunuh diri oleh Pembayun, salah satu putri Joko Tingkir, bisa dipakai acuan penelitian. "Siapa tahu hal ini merupakan awal penemuan sejarah Keraton Pajang," tutur Kusumo, tersenyum. # Yan 1.
             --------868686---------
   

Thanks for reading BRM Kusumo Putro SH MH ; Pajang Dulunya Kerajaan Besar | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS