Riyanto Hadinagoro : Kasultanan Pajang Keraton Abal abal

Februari 13, 2020
Kamis, 13 Februari 2020
Kasultanan Keraton Pajang berdiri di samping petilasan Keraton Pajang, di Kampung Sonojiwan, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Foto : Abahe Zahra.
----------------------------------------------------GUGAT86 com. Sukoharjo. Siang itu, Kamis (13/2), biasanya Petilasan Keraton Pajang yang ada di Desa Surojiwan, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo itu tampak ramai peziarah. Pasalnya, hari Kamis sore merupakan hari sakral untuk bermunajat, malem Jumat.
      Namun, tidaklah demikian pada Kamis siang itu, sepi pengunjung yang hendak berziarah sekaligus ngalap berkah. Berdoa khusyuk di depan batu umpak masjid peninggalan Sultan Hadiwijaya yang lebih dikenal sebagai Joko Tingkir. "Yang ramai itu Senin malam atau Kamis malam, kalau siang kurang begitu ramai," papar Riyanto Hadinagoro.
     Disinggung masalah keberadaan Kasultanan Keraton Pajang yang bersebelahan dengan Petilasan Joko Tingkir, buru buru Riyanto Hadinagoro yang juga abdi dalem Keraton Surakarta Hadiningrat, menjawab singkat," Kasultanan Keraton Pajang itu Abal Abal, tipu tipu," jelas dia.
      Kalau memang masih drat keturunan Joko Tingkir, lanjut Riyanto  buktikan silsilahnya. Baik itu terhadap tetangga kanan kiri, aparat hukum dan negara. Buktikan secara yuridis kalau memang benar keturunan Sultan Hadiwijaya. " Ini tugas pemerintah, dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahpahaman," pinta Riyanto.
     Ditegaskan Riyanto Hadinegoro yang sudah 27 tahun sebagai juru kunci petilasan Keraton Pajang, kalau masalah Yayasan Kasultanan Keraton Pajang yang sudah dinotariskan serta surat dari Kementerian Hukum dan HAM, silakan saja. Itu hampir 12 tahun ini.
     Itu masalah yayasan, Bukan pengakuan hukum akan jumeneng Noto, menjadi raja di Pajang dengan gelar Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV. "Saya banyak membaca berita tentang Suradi yang mengaku sebagai Raja di Keraton Pajang, ini memprihatinkan! Semoga pemerintah segera menertibkan nya," harap Riyanto Hadinagoro, serius. # Yan 1.
               --------868686--------
       

Thanks for reading Riyanto Hadinagoro : Kasultanan Pajang Keraton Abal abal | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS