Virus Corona Bisa Munculkan Kepanikan Nasional

Februari 09, 2020
Minggu, 09 Februari 2020
BRM Kusumo Putro SH MH, khawatir terhadap dampak besar Virus Corona. Kepanikan Nasional. Foto : Abahe Zahra.
----------------------------------------------------GUGAT86.com. Surakarta, Tidaklah berlebihan, jika konsultan hukum yang tergabung di Perhimpunan Advokat Indonesia ( PERADI) Solo, BRM Kusumo Putro SH MH ini khawatir akan imbas penyakit yang pusat penyebarannya dari Wuhan, China, Virus Corona. "Semoga pemerintah Indonesia segera tanggap dari dampak lain Virus Corona, selain kematian. Kepanikan Nasional," tandas BRM Kusumo Putro SH MH yang ditemui wartawan di warung makan Soto Gading Solo, Sabtu (8/2) siang.
      Mewakili rakyat Indonesia umumnya, Surakarta khususnya, lanjut Kusumo, sapaan akrab BRM Kusumo Putro SH MH, pihaknya berharap kepada pemerintah, Menteri Kesehatan khususnya, supaya segera memerintahkan jajaran seluruh rumah sakit di Tanah Air ini agar segera melengkapi peralatan kesehatan yang mampu mendeteksi secara dini dan akurat akan adanya penyakit yg ditimbulkan oleh Virus Corona.
     Segera melakukan sekaligus menerjunkan team penyuluh kesehatan atau apa saja yang berkaitan dengan Virus Corona di seluruh pelosok Puskesmas. Hal ini diharapkan supaya mereka para dokter berikut staf di puskesmas bisa mengenal, faham akan Virus Corona. Bagaimana gejala awal munculnya penyakit sekaligus upaya penanganan serta pencegahannya.
     Selain itu, masih menurut penuturan Kusumo, perlu adanya juga masalah penanganan Virus Corona ini dilakukan di setiap bandara. Artinya, bukan hanya sekedar asalkan ada peralatan pendeteksian virus, melainkan perlunya melibatkan para ahli medis yang lebih tahu dan mampu mendeteksi adanya Virus Corona kepada mereka yang keluar masuk bandara. " Ini harapan masyarakat yang perlu menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah," tegas Kusumo.
     Rasanya, Kembali ditegaskan Kusumo, tidaklah berlebihan dengan apa yang menjadi permohonan masyarakat ini. Sebabnya, Virus Corona ini belum diketemukan obatnya, serta merta sangatlah cepat sekali penyebaran virus mematikan ini. "Adanya pencegahan sejak dini sangat penting dilakukan daripada terlambat sama sekali dan dampak kepanikan muncul dimana mana," tandasnya.
     Perlu diketahui, masih menurut penuturan Kusumo, jika selama ini laboratorium yang ada di Indonesia belumlah memiliki peralatan Testing Kid, guna mendeteksi keberadaan Virus Corona yang dikenal dengan sebutan 2019-cov Virus Corona dalam hitungan jam. Saat ini, laboratorium di Tanah Air harus memeriksa langsung orang yang diduga terinfeksi dan kemudian melakukan proses pengurutan Gen. Langkah ini bisa memakan waktu sampai 6 hari untuk bisa diketahui apakah seseorang terkena Virus Corona. # Yan 1.
         --------868686---------
     
   

Thanks for reading Virus Corona Bisa Munculkan Kepanikan Nasional | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS