Makanan Unik Siap Saji MRE Dari Ayam Bakar Wongsolo Grup

April 26, 2020
Minggu, 26 April 2020

GUGAT86.com. Solo - Dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, beragam inovasi terus dilakukan oleh Wong Solo Group. Melalui anak perusahaannya PT. Halalan Thayyiban Indonesia (HaTI), perusahaan ini mencoba merintis produk makanan siap saji dalam kemasan dengan brand MAKANKU.

Disebut berbeda dengan produk makanan dalam kemasan yang lain, MAKANKU diklaim memiliki banyak keunggulan. Terutama dari sisi inovasinya, yang mengedepankan kepraktisan dalam penyajian.

Ya. Selain memiliki beragam menu dan rasa yang bisa diandalkan. Produk makanan ini juga dilengkapi nasi serta bahan pemanas khusus untuk mematangkan nasi itu. Yang mana dengan bahan ini, proses pematangan nasi tidak perlu lagi menggunakan api ataupun listrik. Sehingga kita bisa menyiapkan dan menikmati makanan itu kapan saja dan di mana saja.

"Ide awal membuat produk ini adalah dari pengalaman saat ibadah haji. Di mana dalam penyajian makanan di sana seringkali bermasalah, karena jumlah yang banyak . Jadinya proses penyajiannya lama. Sehingga pada saat dibagikan, terkadang sudah tidak fresh malah kadang ada yang basi. Makanya sebagai pelaku industri kuliner, saya mulai berpikir untuk menciptakan produk yang praktis dan awet. Sehingga bisa lebih mudah disajikan," jelas Puspo Wardoyo CEO Wong Solo Group saat dihubungi via telepon pada Jumat (10/4) siang.


Situasi Darurat
Puspo Wardoyo juga menjelaskan bahwa produk buatannya mampu bertahan hingga satu tahun. Karena itulah, dalam proses lelang tender penyediaan cattering untuk jamaah haji tahun ini, Wong Solo Grojp berhasil mendapatkan bagian.

"Dengan produk MAKANKU ini, kami berhasil masuk menjadi salah satu, dari lima perusahaan cattering yang ditunjuk kementerian agama. Untuk penyediaan makanan bagi jamaah haji. Terutama pada lima hari puncak (3 hari sebelum ARMINA dan 2 hari setelah ARMINA). Karena pada saat itu kondisi di Makkah sudah sangat crowded. Sehingga tidak mungkin menyediakan fresh meal," sambung pria yang sudah menggeluti dunia kuliner sejak awal tahun 90 an ini.

Dengan berbagai keunggulan yang ada pada  MAKANKU ini, Puspo mengatakan bahwa produk buatannya itu sangat cocok untuk beragam aktifitas outdoor. Baik itu travelling, camping atau bahkan situasi darurat saat terjadi bencana alam.

Karena itulah, di tengah mewabahnya virus corona saat ini, Puspo juga mencoba ambil bagian dalam aksi sosial. Dia menyalurkan produk MAKANKU untuk menyuplai kebutuhan makan para petugas, relawan serta warga yang sedang menjalani masa karantina di tempat-tempat karantina.

Produk MAKANKU disiapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi jamaah haji
"Saat ini kami menyalurkan untuk wilayah Medan dan Solo. Jumlahnya tidak kami batasi. Karena kita belum tahu sampai kapan kondisi ini (pandemi wabah corona) akan berlangsung. Karena itu pula, saya berharap para pengusaha dan orang-orang kaya bahu membahu membnatu pemerintah, untuk segera menuntaskan masalah ini. Ulama, pemerintah dan pengusaha harus bergabung. Khusus untuk penghsaha, inilah saatnya menunjukkan solidaritas dengan berbagi kepada sesama," ungkap Puspo.

Inovatif
Terkait produk MAKANKU sendiri, Puspo mengatakan bahwa produknya itu memiliki banyak keunggulan. Diawali dengan serangkaian riset selama beberapa tahun, akhirnya dia berhasil menciptakan satu-satunya produk makanan siap saji lengkap dengan pemanas khusus. Sehingga para penikmatnya tidak perlu repot menggunakan api atau listrik saat akan menyajikannya.

"Di Indonesia, ini adalah satu-satunya. Dan teknologi seperti ini juga sudah diterapkan di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan yang lainnya. Karena itu untuk pemanasnya saya harus mengimpor dari luar," ujar pemilik ratusan gerai ayam bakar, yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri itu.

Bahan pemanas dalam produk MAKANKU ini memang terbilang unik. Dikemas dalam sebuah kantung khusus, material di dalamnya akan bereaksi mengeluarkan panas saat diberi air. Dari panas yang dihasilkan inilah, selanjutnya digunakan untuk mematangkan nasi.

Rio, Direktur HaTI memeragakan cara menyajikan MAKANKU
"Dalam satu box MAKANKU ini isinya ada lauk, nasi, sambal serta pelengkap. Untuk nasinya sengaja dibuat setengah matang. Sehingga bisa dimatangkan dengan pemanas yang kita sertakan. Cukup 15 menit saja. Untuk menunya sendiri setidaknya ada 10 menu. Tapi untuk saat ini yang sudah mendapat registrasi dari BPOM dan MUI baru 5. Di antaranya rendang, gudeg, gulai ikan serta gulai ayam. Sedangkan yang lain masih dalam proses," urai pria yang dikenal dermawan ini.

Produk MAKANKU ini sedianya akan mulai dlaunching pada bulan Juli nanti. Yang mana diharapkan dengan bisa ikut meramaikan bisnis makanan siap saji dalam kemasan di Indonesia. Serta tentunya bisa membuka lapangan kerja baru. Terutama bagi warga di sekitar pabrik pengolahan makanan itu, yang berada di wilayah Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. //Yan1

Thanks for reading Makanan Unik Siap Saji MRE Dari Ayam Bakar Wongsolo Grup | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS