Oleh Oleh Khas Solo Karto Leman Pelopor Oleh Oleh Khas Kota Bengawan

Mei 28, 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Toko oleh oleh khas Solo Karto Leman yang berjaya di era 1960
 an, kini tinggal kenangan.
Foto : Alumni SD DJI.

-------------------------------------------------GUGAT86.com. SURAKARTA. Boleh jadi, adalah kios atau toko oleh oleh yang ada di sebelah Utara Pasar Kabangan, Laweyan ini, merupakan pelopor toko oleh oleh khas makanan Kota Solo, selain Abon Varia, Coyudan dan Yamopro, Singosaren. Lokasinya cukup strategis, ada di pinggir Jalan Perintis Kemerdekaan, masuk wilayah Kampung Batik Tegalayu, Kabangan, Bumi, Laweyan. Beberapa pohon Asam yang persis ada di area parkir, semakin menambah suasana sejuknya lokasi Toko kios oleh oleh Karto Leman. "Sayangnya, itu semua kini tinggal kenangan bersejarah. Tutup bersamaan dengan Meninggalnya keluarga Pak Karto Leman. Kalau Abon Varia Coyudan dan Yamopro Singosaren, masih tetap eksis," papar Abi Ibrahim Hasmi yang rumahnya tidak jauh dari kios Karto Leman. Rabu (27/5/2020) malam di Wedangan dekat bekas kios Karto Leman.

Tentunya, bagi warga Solo yang saat ini menginjak usia di atas 30 tahun, bisa dipastikan lagi akan mengenal nama ketiga toko oleh-oleh yang cukup terkenal di Kota Bengawan itu. Karto Leman Laweyan, Abon Varia Coyudan dan Yamopro Singosaren yang kini ditambahi angka 36. "Dari ketiga toko oleh-oleh khas Solo ini, bisa dipastikan lagi jika semua menu oleh oleh yang dijual enak jauh dari rasa kadaluwarsa. Selalu fresh," tambah Gus Abik, sapaan akrab Abik Ibrahim Hasmi.

Menu yang disajikan dari ketiga toko oleh-oleh ini, ada sedikit perbedaan. Abon Sapi Varia Coyudan, masakan abonnya menjadi menu unggulan. Yamopro 36 Singosaren, mengunggulkan menu varian berbagai jenis roti. Sedangkan Karto Leman, sangat dikenal dengan menu gorengan selain Abon dan roti. " Khusus roti Karto Leman, lain dengan Yamopro 36. Roti kering rasa jahe yang kini mulai langka," ujar Gus Abik, tersenyum.
Abi Ibrahim Hasmi, keluarga saudagar Batik Laweyan, Solo, dari leluhur kakek nenek nya sudah berlangganan semua menu oleh oleh khas Karto Leman.
--------------------------------------------
 Sambil sesekali mengenang 
jenis makanan olahan masakan sendiri keluarga Karto Leman, Gus Abik mengaku hampir semua makanannya yang ada di kios Karto Leman, semua suka. Lantaran makanan yang dimasak sendiri oleh keluarga Karto Leman, pasti lezatnya. Sarmier, Romeo, cenggereng peyek kacang, teri, untir untir, usus goreng, kripik tempe, singkong, pisang, ragi, serundeng, terik sapi, abon hingga roti jahe." Hampir semua menu itu kini mulai langka, kecuali abon sapi," tutur Gus Abik.

Hanya saja, lanjut Gus Abik, itu semua kini tinggallah kenangan belaka, setelah jaman kejayaan kios oleh oleh khas Solo Karto Leman, 1960-2000 tutup. Belum lama, penyuka makanan olahan Karto Leman, sempat dibuatnya lega, terobati rasa kangen yang sudah puluhan tahun ditahan. Sayangnya, rasa kangen makanan olahan Karto Leman, tidak begitu lama, tutup. Malahan kini kios yang bangunannya masih utuh dan asli dengan warna cat kuning gading itu, tutup selamanya bersama sepeninggal suami-istri yang ahli masak itu. Karto Leman. " Kini puluhan kios oleh oleh khas Solo yang ada di Pasar Jongke, semoga saja bisa melegenda seperti Karto Leman,"harap Gus Abik, optimis. # V1N.

------081325995968-----

Thanks for reading Oleh Oleh Khas Solo Karto Leman Pelopor Oleh Oleh Khas Kota Bengawan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS