Alamat Fiktif Perusahaan Banyak Warnai Pemenang Tender Kabupaten Sukoharjo

Agustus 07, 2020
Jumat, 07 Agustus 2020

 

Pimpinan Koordinator Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah (LP2KP) Provinsi Jawa Tengah, Donny Santoso SH, usai beraudiensi dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Foto : Dokumen LP2KP.
---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SUKOHARJO. Ditemui di rumahnya Griya Pesona 2A Sanggrahan RT 001 RW 021 Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Pimpinan Koordinator LP2KP Jawa Tengah, Donny Santoso SH, mengungkapkan rasa  kegalauannya akan beberapa Proyek Infrastruktur di Kabupaten Sukoharjo, dari tahun ke tahun diduga selalu ada permainan dan persengkongkolan. Sebagai buktinya dengan banyak nya penemuan alamat perusahaan sebagai pemenang. Hanya saja,  fiktif belaka alamatnya. "Ini yang kudu disikapi secara tegas!" tandas Donny Santoso,SH.

Dari Hasil Audiensi, ditambahkan Pimpinan Koordinator Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah (LP2KP ) Provinsi Jawa Tengah, DPD LPKP Surakarta bersama Pemerintah Kabupaten Sukoharjo yang diwakili oleh Widodo SH.MH selaku Assiten II Sekda Bidang Perekonomian Dan Pembangunan yang juga menjabat Plt Sekda Kab.Sukoharjo 

Dalam kesempatan itu, Donny Santoso SH menyampaikan jika dari hasil investigasi awal yang dilakukan LP2KP, menemukan adanya sebuah perusahaan pemenang proyek Infrastruktur yang bernilai miliaran rupiah. Dan dari tahun 2012-2018 yang setiap tahunnya dari data LPSE kabupaten Sukoharjo, selalu mendapatkan pekerjaan. Sehingga hal inilah yang menjadikan sorotan oleh LP2PK serta dirinya selaku pimpinan Koordinator Wilayah Jawa Tengah, berkewajiban untuk menindaklanjuti ketransparanan proyek tersebut.

Saat LP2KP beraudiensi dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Berjalan lancar, seru dan kondusif. Foto : Dokumen LP2KP.
---------------------------------------------------------------
Alamat perusahaan, masih menurut penuturan Donny Santoso SH, yang jelas mempunyai kantor fisik, sehingga bisa menjadikan tolak ukur untuk lolos atau tidaknya sebuah perusahaan memenangi proyek infrastrukrur pemerintah. Karena dengan tahapan evaluasi administrasi, teknis, kualifikasi dan harga, adalah merupakan bagiam dari mekanisme dalam tender.

Kembali ditegaskan Donny, harus ada pengecekan dan klarifikasi termasuk cek fisik pada perusahaan. Hal ini sangat wajib, kalau nanti ada alamat yang fiktif, jelas tidak boleh. Sehingga  panitia lelang harus benar-benar terjun ke lapangan guna mengecek alamat perusahaan sebelum menentukan pemenang dalam proyek infrastruktur ini.

Sehingga dalam hal ini, LP2KP menduga terjadi karena ada persengkongkolan antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan perusahaan pelaksana pekerjaan, melihat dari itu bukan kah sewajarnya jika LP2KP menduga adanya Indikasi pelanggaran UU No.20 Tahun 2001 tentang perubahan UU No 31 Tahun 1999 tentang pidana Korupsi.

Donny Santoso ,SH selaku Pimpinan Koordinator LP2KP Provinsi Jawa Tengah, akan membentuk Tim Khusus untuk melakukan investigasi lanjutan untuk mencari tahu siapa sebenarnya aktor intelektualnya, jika di dalam investigasi lanjutan ditemukan pelanggaran hukum dan bukti yang cukup, maka sebagai Pimpinan Koordinator Lembaga Pemantau dan Kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Akan melakukan pelaporan secara resmi kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.
 
Dalam Audiensi itu, Widodo SH.MH selaku Assiten II Sekda Bidang Perekonomian Dan Pembangunan yang juga menjabat Plt Sekda Kab.Sukoharjo, menyambut baik dan merasa berterima kasih Kepada Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah (LP2KP) dengan adanya kritikan dan masukan yang konstruktif untuk pemerintah yg lebih baik. Untuk melakukan evaluasi jajaran SKPD agar kedepan lebih baik lagi. Pastinya demi terciptanya trasparansi dan tata kelola pemerintahan yang bersih dari KKN.
 
Sudah sepantasnyalah bila dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo akan terus melakukan kerjasama dengan Lembaga Pemantau Pemangunan dan Kinerja Pemerintah (LP2KP ) Provinsi Jawa Tengah agar terus membantu pemerintah dalam melakukan tindakan pegawasan dalam program Pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sukoharjo. " Tentunya, LP2KP juga menyambut baik akan permintaan Pemkab Sukoharjo bekerja sama, demi terwujudnya SUKOHARJO MAKMUR yang benar benar makmur bukan hanya slogan belaka," pungkas Donny Santoso SH. # Taufik / Yan 1.

--------081325995968-------


Thanks for reading Alamat Fiktif Perusahaan Banyak Warnai Pemenang Tender Kabupaten Sukoharjo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS