Solo Dilarang Gelar Lomba 17 Agustus an Dan Tirakatan

Agustus 08, 2020
Sabtu, 08 Agustus 2020

 

 Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo untuk tahun ini melarang adanya lomba 17 an dan malam Tirakatan. Foto : Achmad.

--------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SURAKARTA. Bukan tanpa alasan, bilamana Rudi, sapaan akrab Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, melarang adanya kegiatan lomba 17 an serta malam Tirakatan. Pasalnya, dari segi Azas manfaatnya di saat Pandemi Covid-19 ini, kurang begitu bermanfaat, malahan lebih banyak tidak bermanfaatnya. 

Kedua kegiatan yang biasa digelar saat menjalang tanggal 17 Agustus itu, justru pada tahun ini banyak menjadikan kerumunan massa yang pastinya melanggar protokoler kesehatan Covid-19. Tidak tanggung-tanggung, larangan kali ini diterbitkan melalui Surat Edaran (SE). " Dimaksudkan guna menekan persebaran virus SARS CoV 2. Pastinya akan lebih baik kegiatan  lomba dan malam 17 an Tirakatan, ditiadakan. SE ini sudah saya edarkan ke seluruh Kalurahan," tegasnya.

Untuk upacara 17 Agustus, pihak Pemkot tetap mengadakan. Secara virtual upacara mengenang detik-detik proklamasi dilaksanakan.  Peserta upacara virtual, sejumlah pejabat dan unsur pemerintahan yang akan menjadi  perwakilan dan tetap mengikuti upacara bendera 17 Agustus tahun 2020 di Balai Kota Surakarta. "Upacara 17 Agustus an akan dimulai pukul 07.00 WIB tetap jaga jarak dan protokoler kesehatan," jelas Rudi, Jumat (7/8/2020).

Disisi lain, Sekda Ir Ahyani MA yang sekaligus merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, menambahkan Pemkot melarangnya dalam kegiatan menyambut 17 Agustus an, baik lomba maupun Tirakatan, lantaran berpotensi mengabaikan sosial'distancing dan physical distancing, jaga jarak. " Pastinya lomba dan Tirakatan akan menimbulkan kerumunan. Hanya upacara di ruang Pendhapi Gede Balai Kota Solo saja, yang kemudian dilanjutkan melihat detik detik Proklamasi secara virtual. Yang ikut upacara pun juga terbatas," jelas Ir Ahyani MA. # V1N/Yan 1.

           --------081325995968------



Thanks for reading Solo Dilarang Gelar Lomba 17 Agustus an Dan Tirakatan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS