Ubah Pandangan Masyarakat Terhadap Polisi Melalui Bhabinkamtibmas

September 29, 2020
Selasa, 29 September 2020

Silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan ulama, bisa jsadi bagian dari upaya Polisi untuk mengangkat citra terhadap masyarakat yang berpandangan miring. Foto : Nur Taufik.

---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SUKOHARJO. Mungkin kita sudah tahu bagaimana penilaian citra Polisi di mata masyarakat. Dimana ada citra yang posistif dan negatif, tetapi mungkin citra negatif itu dibawa oleh okmum polisi yang berkarakter tidak baik sehingga muncul penilaian itu. Bhabinkabmtibmas ( Bhayangkara Pembina keamanan dan Ketertiban Masyarakat ) adalah petugas yang diturunkan untuk bertugas di desa atau Kalurahan. 

Fungsi Bhabinkamtibmas  tidak akan bisa berjalan tanpa harus bermitra dengan masyarakat. Disinilah Polisi harus banyak memperbaiki karakter menjauhkan militerustik karena harus dekat dengan masyarakat.

Kedekatan dengan masyarakat menjadi sebuah keharusan seorang Bhabinkamtibmas. Disinilah akhirnya menjadi puncak citra Polisi  sebagai elemen POLRI yang tidak menakutkan dan bersahabat. Seperti apa yang dilakukan Brigadir Teguh Bambang Wiyono seorang Polisi alumnus angkatan Tamtama Pol Airud tahun 1987 / 88 Pusdik Pondok Gayung Jakarta Utara yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kadilangu ,Baki, Sukoharjo.

Hampir waktunya habis untuk masyarakat , setelah pulang langsung bergabung dengan masyarakat untuk mendukung warga dalam melakukan Kamtibmas sehingga banyak mendampingi masyarakat khususnya sebagai pendamping dalam kamtibmas di lingkungannya sehingga diwilayah sambangannnya bisa terbentuk FKPM maupun relawan keamanan,  

"Bahwa menjadi Bhabinkamtibmas adalah abdi masyarakat sejati yang harus SERSAN alias Serius dalam menjalankan tugas di kantor tapi santai bila di rumah baik dengan keluarga maupun masyarakat , inilah yang menjadi motivasi dalam menjalanan tugas sebagai Bhabinkabtibmas.”papar Teguh.

Ditambahkan Teguh, kepentingan umum harus diutamakan.  Sambang ke masyarakat menjadi tugas yang tidak ketinggalan bahkan mendatangi masjid untuk bersillaturahmi . Dengan kegiatan ini diharapkan nantinya kalau sudah tidak pakai seragam Polri masyarakat tetap akan menghormati , tetap menghargai bila pada saatnya harus kembali ke masyarakat. # Nur Taufik/ Yan G1.

                  ------081325995968----

:::::::::::::::::::::::::::::::::;;::::::::;;:::::::::::::::::::::::


MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19. Bisa dibeli di Jalan Slamet Riyadi No 300 Utara Taman Sriwedari, Solo. www.makanku.co.id
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::




Thanks for reading Ubah Pandangan Masyarakat Terhadap Polisi Melalui Bhabinkamtibmas | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS