KAI Tanam Ribuan Bibit Pohon Wujud Dukung Pelestarian Alam

Januari 29, 2021
Jumat, 29 Januari 2021


DUKUNG PELESTARIAN ALAM,  KAI TANAM 18.000 BIBIT POHON. Foto : Ist.
---------------------------------------------------------------
GUGAT news.com. TEMANGGUNG. Keberlangsungan kelestarian sumberdaya lahan di Kabupaten Temanggung sangatlah penting dan perlu untuk diperhatikan. Pemanfaatan sumber daya lahan yang kurang memperhatikan kelestarian lahan menjadikan sumber terjadinya lahan kritis. Apabila terjadi peningkatan jumlah lahan kritis dikhawatirkan akan mempengaruhi kesuburan tanah dan produktivitas lahan yang tentu akan berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, dengan semakin menurunnya kondisi lingkungan di Kawasan Lerang Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Prau, PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut mendukung program pemerintah Kabupaten Temanggung untuk mengadakan kegiatan rehabilitasi lingkungan dalam bentuk konservasi tanah dan air dengan mengadakan penghijauan.

Sebagai wujud  tanggung jawab Sosial dan Lingkungan untuk mendukung kelestarian lahan di wilayah Kabupaten Temanggung, Kamis (28/1) PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyerahkan Bantuan Pelestarian Alam Penghijauan “Sabuk Gunung Temanggung” berupa 18.000 Bibit Pohon senilai Rp 200.000.000,-. Bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Program Bina Lingkungan KAI Peduli Pelestarian Alam ini disampaikan di Kantor Bupati Temanggung. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto yang disampaikan kepada Bupati Temanggung HM. Al Khadziq bersama Kajari Temanggung Sunanto didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono selaku penanggung jawab penghijauan “Sabuk Gunung” Daerah Temanggung. 


Adapun bantuan yang diberikan diwujudkan untuk pengadaan bibit tanaman konservasi dengan rincian 8.000 bibit tanaman bambu, 5.000 bibit tanaman beringin, 5.000 bibit tanaman aren sebagai sarana rehabililitasi lingkungan dalam bentuk konservasi tanah dan air dengan lokasi penanaman adalah Lereng Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Lereng Gunung Prau yang meliputi 11 Kecematan di Kabupaten Temanggung.

Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto yang hadir menyerahkan bantuan langsung ke lokasi mengungkapkan bahwa PT. KAI (Persero) sebagai salah satu BUMN yang diberi amanah langsung oleh Presiden RI melalui Kementerian BUMN mempunyai tanggung jawab sosial kepada masyarakat, khususnya stakeholder. Tanggung jawab sosial yang diberikan KAI kali ini berkaitan dengan lingkungan, yaitu Pelestarian Alam. “Kami mendukung penghijauan, tidak hanya di Kabupaten Temanggung, tetapi seluruh Indonesia,” ujar Asdo. Selain itu, di Kabupaten Temanggung, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga diberi tanggung jawab oleh pemerintah untuk menjaga aset yang dikuasakan ke KAI, tutup Asdo. 

Diharapkan dengan adanya bantuan program rehabilitasi lingkungan ini dapat mengembalikan kualitas lingkungan kawasan lereng gunung agar lebih hijau, sehingga berdampak pada meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar Lereng Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Lereng Gunung Prau. Disamping itu diharapkan juga dengan adanya penghijauan ini dapat mengurangi laju erosi tanah, mengurangi dampak global warming, menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.#D3DJ4R/Yani G1.
            ---------- 081325995968 ---------


Thanks for reading KAI Tanam Ribuan Bibit Pohon Wujud Dukung Pelestarian Alam | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS