Akhirnya Jawa Tengah Terbebas Dari Zona Merah Covid-19

Februari 17, 2021
Rabu, 17 Februari 2021


 Zona Merah Covid-19 Itu Kini Telah Sirna. Foto : Ist.


GUGAT news.com. SEMARANG. Akhirnya seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah terbebas dari zona merah covid19. Dalam dua minggu terakhir ini kasus penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah terus menurun. 

Hal tersebut tidak lepas dari upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menangani Covid19. Mulai dari Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, percepatan vaksinasi dan Gerakan “Jateng Di Rumah Saja” selama dua hari. Bahkan diklaim bahwa gerakan 'Jateng Dirumah Saja' bisa menurunkan angka positif hingga 40-50 persen.


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo


"Minggu ini tidak ada zona merah di Jawa Tengah dan turun menjadi orange. Kondisi tersebut karena kasus Covid-19 terus turun." Kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, usai Rakor Percepatan Penanganan Covid-19 di lantai 2 Kantor Setda Provinsi Jawa Tengah, Senin,15 Februari 2021.

Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang diterimanya, zonasi empat minggu terakhir hingga 7 Februari 2021. Yakni 18-24 Januari yang masuk zona merah diantaranya Grobogan, Klaten, Kota Semarang dan Kendal. Sedangkan 25-31 Januari zona merah meliputi Kendal, Karanganyar, Cilacap, Blora dan Kebumen. Namun, angka terus menurun hingga 1-7 Februari 2021, Jawa Tengah tidak ada zona merah.


Jangan lengah tetap patuhi apa yang menjadi himbauan pemerintah akan Protokeler Kesehatan Covid-19. MakanKu. Instagram @makankureadymeal dan YouTube MakanKu ReadyMeal.


Tren bulanan Covid-19 di Jawa Tengah Januari mengalami penurunan menjadi 28.189 dari Desember yang mencapai 30.948. Sedangkan tren mingguan hingga 14 Februari 2021 juga turun. Terakhir di angka 4.721. Padahal di minggu sebelumnya (M56) mencapai 5.530.

"Makin hari, makin turun. Angka terkonfirmasi turun dan angka kematian juga turun. Ini bagus,” imbuhnya.

Diakui Ganjar, vaksinasi tahap pertama masih ada sejumlah daerah yang belum selesai.


Ke depan, pihaknya telah menyiapkan skenario vaksinasi yang diambil dari keputusan rapat bersama pihak-pihak terkait. Yakni dengan empat metode, titik pelaksanaan, cold chain, dan segala peralatan yang diperlukan.

Soal warga yang menolak divaksin, Ganjar mengaku tidak akan memberikan sanksi apapun. Pihaknya lebih mengutamakan sosialisasi atau tindakan persuasif.

"Karena ada aturan sanksi, tapi saya tidak berdebat soal ini. Bagi yang belum mau (di vaksin) diarahkan dulu, nanti ditunda dulu," ungkap Ganjar.#D34/Yani.



            =========================

Thanks for reading Akhirnya Jawa Tengah Terbebas Dari Zona Merah Covid-19 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS