DJP Resmi Bentuk KPP Madya Surakarta

Mei 24, 2021
Senin, 24 Mei 2021


 GUGAT news.com. SURAKARTA.

Narasumber : Slamet Sutantyo – Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II
Surakarta (24/5) Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkesempatan meresmikan KPP Madya Surakarta secara virtual. Peresmian ini sekaligus menandai tanggal mulai beroperasinya KPP Madya Surakarta sebagai salah satu unit instansi vertikal DJP di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah II.


 Pembentukan KPP Madya ini sebelumnya telah direncanakan dan dituangkan dalam PMK184/PMK.01/2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.01/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak.


Secara garis besar pembentukan KPP Madya Surakarta sebagai salah satu unit instansi baru, tidaklah menambah unit yang ada. Melainkan hanya mengubah KPP Pratama Purworejo menjadi KPP Madya Surakarta. Kemudian, KPP Madya Surakarta akan mengadministrasikan wajib pajak di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah II sesuai Keput tetausan Direktur Jenderal Pajak nomor KEP-116/PJ/2021 yaitu wajib pajak yang memiliki kontribusi penerimaan terbesar. 


Sedangkan untuk pengadministrasian wajib pajak yang ada di KPP Pratama Purworejo dialihkan ke KPP Pratama Kebumen. Untuk wajib pajak yang dipindahkan pengadministrasiannya ke KPP Madya Surakarta dimaksudkan agar dapat diberikan pelayanan yang lebih baik lagi, sehingga diharapkan pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan dapat meningkat. 


Demikian pula untuk wajib pajak yang pengadministrasiannya tetap berada di KPP Pratama.  Adapun jumlah wajib pajak yang terdaftar dan secara resmi telah teradministrasikan di KPP Madya Surakarta berdasarkan KPP tempat terdaftar sebelumnya dan berdasarkan jenis sektor usahanya adalah sebagaimana tercantum dalam tabel berikut,
Tabel  1 Sebaran Wajib Pajak Berdasarkan KPP Asal 
di KPP Madya Surakarta
No
Asal KPP Terdaftar
Jumlah Wajib Pajak
1
KPP MADYA DENPASAR
                                             1 
2
KPP MADYA JAKARTA SELATAN I
                                             1 
3
KPP PRATAMA BOYOLALI
                                          57 
4
KPP PRATAMA CILACAP
                                        129. #DJ4R.


           °°°°°°✓ 081325995968 °°°°°°°°°

Thanks for reading DJP Resmi Bentuk KPP Madya Surakarta | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS