Alkid Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Seperti Pasar Malem

September 03, 2021
Jumat, 03 September 2021


 Kori Brojonolo Kidul Jalan masuk dari keraton ke Alun alun Kidul. Foto : Achmad Yani

GUGAT news.com. SOLO.

Begitu ke empat pintu menuju ke Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai dibuka, dari mulai pintu selatan gapura gading, timur pintu Pasar Kliwon, Utara Kori Brojonolo Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat serta barat dari Kampung Gajahan.  dua pekan lalu, suasana Alkid tak ubahnya seperti situasi pasar malem pada umumnya. Tumpek blek beraneka jajanannya untuk anak anak, remaja hingga kuliner bagi orang dewasa dan keluarga, semuanya ada. Pastinya, dari usia anak-anak hingga orangtua komplit bisa dijumpai. Lengkap dengan permainan anak-anak.

Suasana "Pasar Malem"  Alkid Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Achmad Yani.

Seperti malam itu, Jum'at (3/9/2021) sekitar pukul 18.00 WIB bersamaan terkumandangka nya adzan Maghrib, suasana Alkid  serasa semakin semarak pengunjung dari berbagai daerah. Baik dari Kota Solo sendiri, juga tidak sedikit dari sekitar Soloraya. Sukoharjo, Wonogiri, Sragen serta Karanganyar. Mereka datang bersama keluarganya. Momong anak cucu sekaligus berwisata kuliner. "Alkid mulai dibuka untuk umum 16 Agustus kemarin. Dari jam 06.00 bagi mereka yang berwisata Olahraga. Siang hari, untuk pekerja yang istirahat. Sore hari hingga malam jam 20.00 WIB, ramai kalangan keluarga," papar Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Timur Rumbai, pengelola Alkid.

GKR Timur'Rumbai Pengelola Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Achmad Yani.

Dikonfirmasi melalui ponselnya, GKR Timur'Rumbai yang akrab disapa Gusti Rumbai ini, mengungkapkan jika meskipun suasana PPKM masih berlangsung hingga September, mungkin bisa jadi akan terus diperpanjang sesuai dengan kondisi level, namun pihaknya selaku pengelola Alkid telah memberikan ijin kepada mereka puluhan pedagang serta mainan anak-anak untuk menggelar lapak dagangane. Bukan tanpa alasan, bilamana dirinya mulai mengijinkan pedagang Alkid, mereka sudah tidak kuat lagi menahan suasana perekonomian keluarga yang sudah habis tabungannya tanpa kudu bekerja.

    Tetap waspada Corona masih ada.

Ditambahkan Gusti Timur Rumbai, salah satu dari Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, sekalipun mereka para pedagang Alkid sudah diijinkan untuk memulai berdagang di saat-saat Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, namun pihaknya menegaskan agar senantiasa mematuhi peraturan pemerintah akan Instruksi Kemendagri sekaligus Surat Edaran (SE) Walikota Surakarta tentang Prokes Covid-19 dengan PPKM nya. "Sudah lebih dari 30 hari Alkid saya tutup total dari kegiatan. Kami ijinkan mereka beraktifitas, namun kudu Prokes Covid-19 terjaga," terang Gusti Rumbai.

Bahkan, masih menurut penuturan Gusti Rumbai, sebelum pertengahan Agustus Alkid dibuka, kesemua pedagang, baik itu angkringan, kuliner hingga mainan anak-anak, saya kumpulkan terlebih dahulu untuk menerima saran saran sekaligus aturan-aturan yang harus dipatuhi. Bukan hanya Prokes Covid-19 dirinya sendiri dan dagangannya, melainkan supaya tidak segan segannya mengingatkan kepada pengunjung juga menerapkan Prokes Covid-19. Menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun atau hansanitizer, bermasker dan jaga jarak. "Kalau pedagang juga pengunjung tidak mau menetapi Prokes Covid-19, Alkid akan saya tutup lagi,"tegas GKR Timur Rumbai sambil menambahkan jika yang sulit diatur itu pembeli atau pengunjung yang enggan menjaga jarak. #Achmad Yani.

MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19.

            °°°°°✓ 081325995968 °°°°


Thanks for reading Alkid Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Seperti Pasar Malem | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS