Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Gelar Vaksinasi Massal

September 21, 2021
Selasa, 21 September 2021


 KGPH Dipo Kusuma, Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat PB XIII. Foto : Yani.

GUGAT news.com. SOLO.

Pagi itu, Senin (20/9/2021) suasana Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tidaklah seperti biasanya, sepi. Melainkan tampak ramai sekali, puluhan atau bahkan ratusan orang tengah ramai memenuhi ruangan milik keraton tersebut. Pun demikian, bukannya berkerumun, melainkan Instruksi Kemendagri sekaligus surat edaran (SE) Walikota Surakarta terpenuhi akan Prokes Covid-19. Dari mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer yang disediakan oleh panitia, bermasker hingga sosial distancing serta physical distancing terjaganya. Jaga jarak kursi yang diduduki senantiasa berjarak 1 meter.

Abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tengah antri untuk di vaksin. Foto : Yani.

Hajat ndalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kali ini bukan hanya melibatkan abdi dalem, sentana ndalem saja, melainkan seluruh lapisan warga masyarakat se Soloraya yang kali ini tiada kaitannya dengan gelaran ritual budaya, namun berkaitan erat dengan masalah kesehatan yang kini tengah merebak di seluruh dunia dan tanpa terkecuali melanda negeri tercinta ini, Indonesia. Pandemi Covid-19. "Kegiatan Vaksin Covid-19 yang digelar keraton, Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII secara massal ini bekerjasama dengan Salim Grup serta Pemkot Surakarta, Dinas Kesehatan Tentara dan instansi terkait," terang Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipo Kusuma di sela sela acara.

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Paku Buwono (PB) XIII didampingi Pengageng Parintah Keraton tengah memotivasi peserta Vaksinasi. Foto : Yani.

Ditambahkan Gusti Dipo, sapaan akrab KGPH Dipo Kusuma, untuk jumlah keseluruhan yang mengikuti Vaksinasi selama dua tahapan ini, 20 September dan 3 November nantinya, ada sekitar 15 ribu orang. Khususnya untuk mereka para abdi dalem, prajurit keraton hingga sentana ndalem sekaligus warga di sekitar keraton atau Baluwarti, ada sekitar 4 ribu orang. Masalah abdi dalem, sentana ndalem dan warga Baluwarti, siapapun boleh mengikuti vaksin ini. Bahkan putra putrinya pun juga dipersilakan. Siapapun boleh mengikutinya, tanpa pilah pilih," tegas Gusti Dipo.

GKR PB XIII (baju hijau) bersama panitia RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma tengah berbincang dengan tamu pejabat Pemkot Surakarta. Foto : Yani.

Masih menurut penuturan Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII yang juga adik dari dari Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, kegiatan Vaksin Covid-19 yang digelar keraton bukan hanya menyasar mereka para warga Soloraya saja, bahkan mereka yang memiliki KTP dari luar Soloraya, juga diperkenankan selama mereka tinggal di Soloraya. " Saat itu ada salah seorang yang divaksin ternyata ber KTP Ambon, Maluku, hanya saja keberadaannya di Kota Solo ini tengah "Boro" bekerja di Solo, ya tidak apa apa, tetap kami berikan vaksin. Mungkin, masih ada juga warga ber KTP luar Soloraya, namun bekerja di Soloraya, ya juga boleh di berikan vaksin. Sekali lagi, kami tegaskan jika vaksin di keraton ini tidak pilih pilih,"papar Gusti Dipo tersenyum.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat mengunjungi Vaksinasi di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani.

Dalam kesempatan itu, hadir Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka untuk mensupport sekaligus memotivasi mereka para peserta vaksin. Bukan hanya mereka yang remaja, dewasa, ibu rumah tangga, bapak bapak, abdi dalem, sentana ndalem, prajurit keraton yang disapa sekaligus berbincang akrab dengan Mas Gibran, melainkan ada juga salah satu peserta anak SD, putra dari abdi dalem disapa sambil memotivasi, menyemangati. "Kamu umur berapa?" tanya Mas Gibran yang langsung di jawab 12 tahun. Saat itu juga disambut panitia yang juga menerangkan jika anak itu, putra dari abdi dalem Keraton.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19.

Usai menyapa mereka para peserta Vaksinasi Covid-19 secara massal di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Mas Gibran juga sempat menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis yang langsung di terima oleh abdi dalem, prajurit keraton juga warga Kota Solo. Saat itu pula, Mas Gibran berkenan meluangkan waktunya sejenak untuk berfoto bersama dengan panitia dan beberapa orang lainnya. Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan GKR PB XIII, KGPH Dipo Kusuma beserta istrinya RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma serta panitia lainnya untuk melakukan kunjungan silaturahmi kepada Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. #Achmad Yani.

                 

                 °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

Thanks for reading Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Gelar Vaksinasi Massal | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS