Keraton PB XIII Segera Miliki Kepatihan

November 16, 2021
Selasa, 16 November 2021


 Disebelah timur Kampung Gondorasan akan dibangun Kepatihan. Foto : Yani.

GUGAT news.com. SOLO.

Kalau saja apa yang disampaikan KP Bambang Pradoto Nagoro SH selaku Humas dan Tim Kerja Maha Menteri KGPH Tedjo Wulan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, jika lantaran sekarang ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono XIII tidak memiliki Bangsal Kepatihan dan akan segera diwujudkan di sebelah timur Bangsal Gondorasan, menjadikan nilai lebih tersendiri bagi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sekarang ini. "Pastinya lebih Kuncoro... Kuncoro dan... Kuncoro," papar KP Bambang Pradoto Nagoro SH, belum lama ini di Sasana Purnomo Badran, Laweyan Solo.

Kampung Gondorasan di belakang keraton. Foto : Yani

Ditambahkan Kanjeng Bambang, panggilan akrab KP Bambang Pradoto Nagoro SH, semoga saja dengan kedatangan Dirjen Kebudayaan serta Kementerian PUPR ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tempo hari, menjadikan legowonya, terbukanya mata hati Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, bisa menerima niat baik kunjungan pemerintah pusat yang turut prihatin dengan kondisi keraton yang banyak rusak disana sini."Guyub rukunnya Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII, kunci utamanya kewibawaan keraton dan pastinya kuncoro," tegas Bambang.

KGPH Adpt Dipo Kusuma Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat PB XIII. Foto : Yani.

Masih menurut penuturan Kanjeng Bambang, semoga insiden kecil yang saat itu berlangsung, tidak membawa dampak berkepanjangan. Artinya, sikap kurang simpatik yang dilakukan sebagai Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Adpt Dipo Kusuma terhadap Putri Ndalem Maha Menteri KGPH Tedjo Wulan yaitu Gusti Putri, yang kala itu diminta keluar dari keraton dan tidak perlu turut mendampingi tamu pejabat tanpa alasan jelas, tidak berbuntut masalah. "Padahal, keponakan sendiri lho. Kami jadi ga habis pikir dengan maksud dan tujuan Gusti Dipo," ujar Kanjeng Bambang bertanya tanya.

Gusti Putri Maha Menteri KGPH Tedjo Wulan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani.

Kalau saja, kembali ditegaskan Kanjeng Bambang, mereka semua Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII bisa segera mampu menahan gejolak emosi masing masing dan mengutamakan kepentingan keraton, bisa jadi beberapa bagian bangunan keraton segera direnovasi, direvitalisasi ataupun diperbaiki langsung oleh pemerintah pusat. Yang dalam hal ini Dirjen Kebudayaan serta Kementerian PUPR. "Sayangnya hingga saat ini, belum ada kalimat sepakat satu dengan lainnya bisa menerima sikap baik," urai Kanjeng Bambang.

Setidaknya ada sekitar 13 bangunan yang akan direnovasi, direvitalisasi ataupun diperbaiki oleh pemerintah pusat. Termasuk perlu adanya ruang atau bangsal untuk perkantoran Maha Menteri KGPH Tedjo Wulan yang menurut rencana akan ada di sebelah timur Bangsal Gondorasan. Selain itu, ada Keraton Kulon, Keputren, Panggung Songgo Buwono, ketiganya ada di dalam tembok keraton. Juga rumah tinggal KGPH Dipo Kusuma, Lojen Sasana Mulya, Kandang Kereta, Pekapalan dekat Madjid Agung, Sasana Sumewa Pagelaran Keraton dan Sitihinggil Utara. Gerbong kereta api jenazah dan peziarah yang ada di Alun-alun Kidul dan Sitihinggil Kidul serta Kandang Kebo Keturunannya Kyai Slamet. #Yani.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19.


                  °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

Thanks for reading Keraton PB XIII Segera Miliki Kepatihan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS