Kori Brojonolo Kidul Konon Pintu Utama Ratu Kidul Ke Keraton Kasunanan

Mei 22, 2022
Minggu, 22 Mei 2022


 Kori Brojonolo Kidul Konon diyakini merupakan pintu keluar masuk Ratu Kidul dari pantai selatan. Foto : Yan 1.

GUGAT news.com.  SOLO.

Jika dibandingkan dengan keberadaan Kori Brojonolo Lor, paling ada dua titik bangunan yang berbeda. Adanya Bangsal Kori Brojonolo Kiwo dan Tengen, kiri dan kanan, serta adanya Menara lonceng jam panggung yang setiap jamnya harus dibunyikan, ini tidak ada di Kori Brojonolo Kidul. 

Namun demikian, pada Kori Brojonolo Kidul juga memiliki keistimewaan yang juga tidak dipunyai oleh Kori Brojonolo Lor. Konon, Kori Brojonolo Kidul ini menjadikan sarana untuk keluar masuknya Ratu Kencono atau Ratu Kidul yang ada di Pantai Selatan, Parang Kusumo, Bantul,  Jogjakarta, menuju Panggung Songgo Buwono Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat guna menemui para  raja-raja Kasunanan. Hal inilah yang tidak terjadi pada Kori Brojonolo Lor.

Pada sisi kesamaannya, pada kanan dan kiri keduanya Kori Brojonolo Lor atau Kidul juga memiliki Bangsal yang ada di dalam Tembok Beteng Baluwarti, tempat penjagaan, pengawalan ketat oleh mereka para prajurit keraton selama. 24 jam. Pada Bangsal Wisomarto Kiwo dan Tengen ada di Kori Brojonolo Lor. Sedangkan Kori Brojonolo Kidul memiliki Bangsal nyoetra dan Mangoentjoro.


Kesamaan yang lainnya, sama memiliki halaman Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Hanya saja, Kori Kamandungan lor sepertinya sedikit lebih luas dari Kori Kamandungan Kidul. Untuk Kori Kamandungan lor ini juga merupakan sebutan untuk Kori yang berada di Tembok Beteng Cempuri Keraton. Sedangkan Kori Saleko sebutan untuk Kori yang berada di Tembok Beteng Cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pada sisi luar Tembok Beteng Baluwarti, sama memiliki jalan menuju Kori Supit Urang Kiwo dan Tengen atau Kanan dan Kiri sekaligus juga ada bangunan Sitihinggil, tanah tinggi. Sedangkan Sitihinggil Lor ini ada semacam bangunan tambahan dari Sinuhun Paku Buwono X, Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan tempat menghadap Bupati dan pejabat kerajaan kepada Sinuhun. Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini tidak ada di Sitihinggil Kidul.

  Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Tidak jauh dari Sitihinggil ada tanah lapang yang pada jaman dahulu dipergunakan untuk latihan perang, ada Alun alun Lor dan Kidul yang juga pada tengah Alun alun nya, ada dua buah tanaman pohon beringin yang usianya lebih tua dari usianya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Pasalnya, tanaman pohon beringin tersebut diambil dan dibawa dari Keraton Kartasura Hadiningrat sejak Boyong Kedaton kepindahan ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, 1745. Sedangkan Beringin sudah berada di Keraton Kartasura Hadiningrat semenjak 1680-1743. #Yan 1.

      Makanku praktis dan tidak ribet


Thanks for reading Kori Brojonolo Kidul Konon Pintu Utama Ratu Kidul Ke Keraton Kasunanan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS