Muter-muter Keraton Solo Dengan Scooter

Juni 03, 2022
Jumat, 03 Juni 2022


 Dengan ber scooter bisa muter-muter keliling Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yan 1

GUGAT news.com SOLO

Berjalan kaki mengelilingi Tembok Beteng Cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, bisa dipastikan lagi sangatlah melelahkan. Apalagi harus dimulai dari Kori Kamandungan lor atau  tepatnya dari pintu atau Kori Brojonolo Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, jelas berpeluh keringat. 

Belum lagi kudu bertanya apa nama bangunan sekaligus kegunaannya saat itu, lelah dan capek. Lain halnya kalau ber scooter ria, muter-muter ngider keratonpun bisa dipastikan tidak akan kelelahan. Pastinya dengan sewa scooter nya 60 menit, 1 jam, Rp 40 ribu. Bisa puas dan maksimal berkeliling nya. Jangan yang 30 menit apalagi 15 menit, kurang puaslah. Dipakai muter-muter di area Kori Kamandungan lor saja, sudah habis waktu.

Adalah Didik (25) pemandu puluhan scooter milik Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Timur Rumbai, mengungkapkan jika tidak ada salahnya langsung sewa scooter nya yang berdurasi 60 menit. Bisa mengitari keliling Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dari Geladak hingga Alun alun Kidul. "Pastinya sambil jalan lho. Kalau kudu berhenti sejenak, seharian pun keliling Keraton waktunya ga cukup,"terang nya.

Apalagi, masih menurut penuturan Didik, kudu faham akan sejarahnya, bis jadi memakan waktu beberapa hari. Misalkan dari Gapura Geladak, bagaimana dengan sejarahnya? Masuk ke arah selatan menuju Alun-alun Utara yang memiliki sejarah panjang. Pohon beringin keduanya usianya lebih tua dari keraton. Pasalnya, dibawa oleh beliau Sinuhun Paku Buwono II Keraton Kartasura Hadiningrat, sebelum 1745. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sendiri berdiri 1745.

Pada sisi kanan-kiri Alun alun Lor, Bangsal Perkapalan juga mempunyai historis sejarah leluhur tersendiri. Belum Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Gapura Batangan. "Lebih singkatnya, pada sisi selatan Alun-alun Utara, Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, banyak sekali sejarah agungnya. Berhari-hari menelan waktu untuk mengelilingi keraton. Lain halnya kalau diperuntukkan study karya tulis atau yang lainnya," papar Didik.

Setidaknya, lanjut Didik, dengan ber scooter selama 6O menit, bisa melihat langsung peninggalan sejarah leluhur Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dari mulai Gapura Geladak hingga Gapura Gading. Fisik bangunannya terlebih dahulu, barulah nilai historisnya. Pasalnya setidaknya ada puluhan, ratusan bahkan ribuan nilai sejarah yang dimiliki Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 'Dari Gapura Geladak, lanjut Kori Brojonolo Lor, Wetan, Kidul dan Kulon kesemuanya bersejarah," ujar Didik bangga.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Alhamdulillah, tambah Didik, sekarang ini destinasi wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai menggeliat setelah hampir lebih dua tahun fakum lantaran adanya Pandemi Covid-19 berkepanjangan. Ditambah lagi dengan wisata scooter, semakin semarak suasana pariwisata keraton. Dari pagi hari hingga jelang tengah malam hari. "Khusus scooter, dari pukul 16.00 WIB hingga 23.30 WIB bersamaan ditutup nya wahana wisata Alun alun Kidul. Wisata lainnya, dari pagi jam 05.00 usai shalat Subuh, keraton sudah ramai untuk joging dan sepeda. Tertarik? Datang saja ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat!" #Yan 1.















Thanks for reading Muter-muter Keraton Solo Dengan Scooter | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS