Uryn Sosok Guru Lukis Anak Dan Kegiatannya

Juli 10, 2022
Minggu, 10 Juli 2022


Uryn Sulistyorini dalam kegiatan seni lukisnya.

GUGAT news.com SOLO

Boleh jadi,  bagi dunia seni lukis, apalagi dunia lukis anakanak, mungkin nama Uryn Sulistyorini bukannya asing lagi. Pasalnya, perjalanan waktu dari kegiatan seninya maupun dunia pendidikan seninya, menjadikan 
orang lebih mengenalnya.

Uryn sebut saja bu Uryn, seorang ibu rumah tangga yang juga sekaligus bisa disebut seniman lukis, Guru lukis, penggiat seni lukis, serta termasuk Juri lukis anak. 


 Uryn bersama anak didiknya TK Kanisius Semanggi, Solo

Ditemui dirumahnya, Purbowardayan RT002 RW002 Tegalharjo, Jebres, Solo Uryn menceritakan, bahwa dunia lukis sangat dekat dengan dirinya sejak kecil karena ayahnya bernama Luluk Sumitro juga seorang Pelukis. Prestasinya pun diakui sudah dimulai sejak kecil bersama tiga saudaranya yang pada saat itu satu Sekolah Dasar. 


Uryn ditengah seniman komunitas Bunga Rumput, Solo

Namun Saat PORSENI,  justru adiknya yang mewakili lomba Lukis, sedangkan 
kakaknya malahan mengikuti lomba Puisi, namun Uryn muda saat itu kebagian lomba Mocopat dan Catur, akan tapi malah jadi juara.

Karier dunia lukis Uryn dimulainya sejak bergabung dengan Kelompok Pelukis Pujasari Surakarta tahun 1995 sekaligus didirikannya sanggar lukis Warung Seni yang saat itu di pusat warung Puja Sari, Sriwedari sebelah timur Musium Radya Pustaka. 


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Ditempat inilah akhirnya didirikan juga sanggar lukis anak yang pertama kali 
melopori dunia lukis anak di Surakarta. Termasuk sang ayahnya, juga salah satu 
guru lukisnya dan disaat itu Uryn masih menjadi asisten guru lukis anak.

Diakuinya, banyak prestasi anak didiknya di sanggar warung seni ini dari menjadi juara lomba lukis tingkat lokal, regional, Nasional maupun sampai ke
Internasional.


Perjalanannya dunia seni lukis memang tidak tanggung-tanggung, Uryn dibilang 
sangat aktif ikut pameran lukisan maupun kegiatan seni, termasuk juga
penggiat seni lukis di Surakarta, Nara sumber workshop serta tidak ketinggalan profesi sebagai guru lukis anak di puluhan sekolah TK dan SD di Solo dan Karanganyar .

Uryn menambahkan, dari para alumni sanggarnya, sekarang sudah banyak yang mendirikan sanggar lukis anak. Rasanya ikut senang jika ilmunya bisa bermanfaat dan bisa mewarnai dunia lukis anak. 


Tentang kegiatan seni lukisnya maupun 
pameran lukisannya saat ini, Uryn telah bergabung dengan Komunitas Bunga Rumput sejak tahun 2019 sekaligus membimbing melukis di sanggar miliknya sendiri di Perumnas Palur Surakarta. #Naskah dan foto: Taufik/Yan 1 















Thanks for reading Uryn Sosok Guru Lukis Anak Dan Kegiatannya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS