Langgar Merdeka Dikabarkan Banyak Simpan Misteri

Desember 07, 2022
Rabu, 07 Desember 2022


 Tempat pengimaman Langgar Merdeka yang usianya sudah ratusan tahun 1877

GUGAT news.com SOLO

Banyaknya berita yang beredar seputar Langgar Merdeka yang ada di Kampoeng Batik Laweyan sekaligus merupakan maskot, simbol Kampoeng Batik Laweyan akan kemisteriannya, GUGAT news bertemu langsung dengan takmirnya, Karyanto.

 "Alhamdulillah...sudah puluhan tahun saya tinggal sekeluarga di Langgar Merdeka, namun tidak pernah melihat unik dan angkernya, meskipun banyak orang-orang menceritakan misteri," ujar Karyanto yang mengaku sering tengah malam naik ke menara juga masuk ke Makam Dowo yang ada di sebelah Selatan Langgar Merdeka

Diceritakan Karyanto, meskipun sekeluarga tinggal berdampingan dengan makam keramat sekaligus Langgar Merdeka yang banyak di ceritakan orang akan keangkerannya, namun keluarganya sama sekali belum pernah mengalami hal yang banyak diceritakan orang.

"Memang banyak orang yang menuturkan akan misteri dan angkernya Langgar Merdeka yang kata mereka dihuni jin muslim. Bahkan ada pula yang langsung mengalami. Ada yang salat sendirian di makmumi belakangnya oleh Jin. Ada yang disembunyikan dan masih banyak cerita misteri lainnya. Tapi saya belum pernah menemui kejadian itu semua,"papar Karyanto.

Memang dulu, masih menurut penuturan Karyanto, puluhan tahun lalu ada kejadian unik, menarik dan misteri terjadi di Makam Dowo. Menurut penuturan orang-orang tua di Kampoeng Batik Laweyan, malam itu ada suara bergemuruh di sebelah Selatan Langgar Merdeka yang ternyata saat pagi harinya banyak orang menyaksikan jika ratusan makam berbatu hitam itu porak-poranda.

Menurut ceritanya, lanjut Karyanto, entah apa sebabnya peristiwa itu terjadi yang sebenarnya, hanya beliau Kyai Musani (alam) yang tahu pasti. Beliau pada saat itu merupakan takmir di Langgar Merdeka dan merupakan orang alim ahli agama Islam. Menariknya, pada keesokan harinya dalam hitungan hanya semalam, Makam Dowo yang porak-poranda itu langsung kembali rapi, bersih seperti semula.

Banyak orang yang menceritakan, bila itu semua lantaran doa khusyuk sang Kyai Musani terhadap Allah SWT yang langsung dikabulkan. Disinyalir perbuatan jin yang ada di Makam Dowo tersebut mengamuk memporak-porandakan batu batu hitam nisan pusara, begitu dipanjatkan doa oleh Kyai Musani, langsung tunduk patuh dan dikembalikan seperti semula.

Meskipun ratusan batu batu hitam nisan pada berhamburan, namun tidaklah perlu menggunakan waktu lama. Tidaklah lebih dari 12 jam diwaktu malam hari yang tak banyak dilihat orang, keesokan paginya sudah rapi, bersih seperti semula.  Bisa jadi, kalau dikerjakan oleh tenaga manusia, bisa memakan waktu beberapa hari.

Bagi yang pemberani dan pastinya bermental kuat, sumonggo dipersilakan Kalau hendak melakukan uji nyali baik di Makam Dowo ataupun Langgar Merdeka. Bisa meminta ijin kepada takmirnya. "Alhamdulillah...kami sekeluarga sudah puluhan tahun di Langgar Merdeka sekaligus membersihkan Makam Dowo, tidak pernah menemui hal misteri apapun wujudnya," papar Karyanto. #Yani.


Thanks for reading Langgar Merdeka Dikabarkan Banyak Simpan Misteri | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS